Desain Fasilitas Seluncur Es di Cimanggis dengan Konsep Socio Family

Desain Fasilitas Seluncur Es - Bagi Mahasiswa Arsitektur tentu membutuhkan Referensi saat mengerjakan Tugas Studio Perancangan. Pada artikel ini akan kami bagikan contoh Tugas Mahasiswa Arsitektur, agar hasil desain yang kamu buat menjadi lebih baik

Tugas Mahasiswa Arsitektur yang akan kami bagikan adalah Desain Fasilitas Seluncur Es di Cimanggis dengan Konsep Socio Family, yang bisa kamu jadikan referensi.

Latar Belakang

Ice skating adalah salah satu olahraga musim dingin yang mencakup cabang figure skating, speed skating, dan ice hockey. Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang pamornya kian naik di dunia olahraga musim dingin ini. Pertama kali hadir di negara ini dengan dibangunnya Sky Rink Jakarta di Mal Taman Anggrek pada tahun 1996, penyebaran arena seluncur es di kota-kota lain pun terwujud hingga dibukanya satu-satunya olympic-size rink Oasis Centre Arena di JGC Aeon pada tahun 2018. 

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak atlet nasional yang mencetak prestasi di kancah dunia. Sayangnya, pembinaan jangka panjang bagi ice skaters kurang terlaksana dengan baik. Kurangnya fasilitas memadai yang mendukung latihan intensif karena seluruh arena es di Indonesia dibuka untuk umum memaksa para atlet berlatih pagi atau malam sekali guna menghindari keramaian pengunjung. Absennya tribun penonton juga cukup menyulitkan pendukung yang hendak menonton pertandingan seluncur es, salah satu penyebab utama jarangnya dilaksanakan pertandingan besar berskala internasional di Indonesia. 

Apabila ditilik dari segi bisnis dan perputaran uang, sangat wajar jika arena es ini tidak dapat berharap banyak jika pengguna utamanya hanya atlet saja, terutama dari segi pemeliharaan gelanggang yang cukup mahal. Jika kedua tujuan utama dimana pembinaan atlet sekaligus keberlangsungan hidup bangunan bisa berjalan beriringan, pembangunan sebuah fasilitas olahraga prima yang dapat melayani baik olahragawan maupun pengunjung yang memuaskan seluruh pengguna dapat terealisasikan dengan baik.

Tugas Perancangan Arsitektur

Desain Fasilitas Seluncur Es di Cimanggis
Dengan Konsep Socio Family

  • Dibuat Oleh : Vanessa Susanto
  • Dosen Pembimbing : Dr. Agus Suharjono Ekomadyo, ST., MT.
  • Tugas : Studio Tugas Akhir
  • Kampus : Program Studi Arsitektur Institut Teknologi Bandung 2020
  • Source : issuu.com/vanessasusanto
Latar Belakang, Tujuan, dan Sasaran
Tugas Arsitektur ITB
Lokasi Proyek
Tugas Arsitektur ITB
Konsep Dasar
Tugas Arsitektur ITB
Rencana Lantai Dasar
Tugas Arsitektur ITB
Potongan Tapak
Tugas Arsitektur ITB
Denah Lantai Dasar Arena Seluncur Es
Tugas Arsitektur ITB
Tampak Bangunan
Tugas Arsitektur ITB
Potongan Bangunan
Tugas Arsitektur ITB
Perspektif Interior
Tugas Arsitektur ITB
Perspektif Eksterior dan Interior
Tugas Arsitektur ITB
Perspektif Eksterior
Tugas Arsitektur ITB
Itulah Tugas Mahasiswa Jurusan Arsitektur, Desain Fasilitas Seluncur Es di Cimanggis dengan Konsep Socio Family yang dapat kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga