Desain Kantor Ekonomi Digital di Jakarta Selatan

Desain Kantor Ekonomi Digital - Bagi Mahasiswa Arsitektur tentu membutuhkan Referensi saat mengerjakan Tugas Studio Perancangan. Pada artikel ini akan kami bagikan contoh Tugas Mahasiswa Arsitektur, agar hasil desain yang kamu buat menjadi lebih baik

Tugas Mahasiswa Arsitektur yang akan kami bagikan adalah Desain Kantor Ekonomi Digital di Jakarta Selatan, yang bisa kamu jadikan referensi.

Latar Belakang Proyek

COVID-19 memiliki dampak negatif yang sangat besar terhadap ekonomi Indonesia, kemudian pada tanggal 26 Juni 2020, Indonesia bersama dengan dua puluh anggota Asia Pacific Economic Coopera- tion (APEC) mengikuti pertemuan (SVM — DESG) yang menekankan pentingnya perkembangan ekonomi digital dan industri kreatif sebagai upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19. Secara umum, ekonomi digital adalah segala aktivitas ekonomi yang berbasis data dan teknologi digital.

Tetapi pada realitanya pertumbuhan ekonomi digital masih terkotak kotakkan, dan belum ada fasilitas yang menciptakan lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan ekonomi digital. Ekosistem tersebut juga sebaiknya mampu mengakomodasi tenaga kerja muda di masa depan sebagai salah satu kekuatan utamanya. Menciptakan sebuah ekosistem berwujud bangunan dari fungsi yang saling menguntungkan dan men- dorong pertumbuhan ekonomi digital yang lebih berkelanjutan.

Tujuan Proyek

Proyek ini memiliki visi jangka panjang untuk mendorong pertumbu- han ekonomi digital yang berkelanjutan dan inklusif untuk masa depan Jakarta sebagai pusat ekonomi di Indonesia. Ekonomi digital akan mengubah mayoritas dari aktivitas ekonomi di dunia, dan arsitektur dari fasilitas pendukung ekonomi digital dapat menjadi katalis pertumbuhan tersebut.

Deskripsi Proyek

Proyek ini merupakan proyek swasta fiktif yang ingin membangun lingkungan optimal untuk perkembangan ekonomi digital di Jakarta Selatan. Bangunan ini fungsinya direncanakan untuk mencakup skala kota Jakarta. Walau bangunan ini diprakarsai oleh pihak swasta, bangunan ini tetap memiliki keinginan untuk tetap terbuka pada pihak umum pada waktu-waktu tertentu.

Proyek ini menggabungkan fungsi kantor sebagai kegiatan utamanya, dan terbagi untuk tenant utama, kantor sewa, serta coworking space. Untuk mendukung fungsi-fungsi tersebut, terdapat area komersial yang terhubung dengan area komunal sebagai ruang untuk interaksi antara pengguna kantor serta pengunjung. Proyek yang berlokasi di Jalan Setiabudi ini dirancang dengan konsep yang mengutamakan ruang hijau, serta mampu mengakomodasi tenaga kerja muda.

Tugas Perancangan Arsitektur

Desain Kantor Ekonomi Digital
di Jakarta Selatan

  • Dibuat Oleh : Ario Sauduon Abraham
  • Dosen Pembimbing : M. Jehansyah Siregar, S.T., M.T., Ph.D.
  • Tugas : Studio Tugas Akhir
  • Kampus : Program Studi Arsitektur Institut Teknologi Bandung
  • Source : issuu.com/arioabraham
Siteplan
Tugas Akhir Arsitektur
Ground Plan
Tugas Akhir Arsitektur
Isometri Site
Tugas Akhir Arsitektur
Potongan Site Memanjang dan Melintang
Tugas Akhir Arsitektur
Tampak Bangunan Kantor
Tugas Akhir Arsitektur
Tampak Bangunan Kantor
Tugas Akhir Arsitektur
Skema Vegetasi Fasad Organik
Tugas Akhir Arsitektur
Perspektif Eksterior Kantor
Tugas Akhir Arsitektur
Perspektif Eksterior Kantor
Tugas Akhir Arsitektur
Perspektif Eksterior
Tugas Akhir Arsitektur
Perspektif Interior dan Eksterior Kantor
Tugas Akhir Arsitektur
Perspektif Interior dan Eksterior Kantor
Tugas Akhir Arsitektur
Itulah Tugas Mahasiswa Jurusan Arsitektur, Desain Kantor Ekonomi Digital di Jakarta Selatan yang dapat kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga