Desain Wisma Seniman dengan Konsep Omah Osing The Secret Banyuwangi

Desain Wisma Seniman Osing Banyuwangi - Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa anda jadikan inspirasi.

Pada artikel ini kami bagikan Desain Wisma Seniman dengan Konsep Omah Osing The Secret Banyuwangi Karya Sayembara Arsitektur, yang dapat anda jadikan Referensi dan Inspirasi.

Target desain wisma ini diperuntukan untuk seniman osing yang memiliki keahlian beragam seperti membatik dan membuat kerajinan tangan. Hal ini disebutkan oleh Osing Deles (situs kerajinan terkenal di Banyuwangi) bahwa masyarakat sangat terampil membuat bahan2 perlengkapan sehari2 berdasarkan ukiran khas banyuwangi hingga lukisan. 

Wisma ini juga dapat diperuntukan sebagai interkoneksi / pengembangan dari BeachClub yang persis berada disebelahnya karena disana komunitas surfing berkumpul. Terdapat juga surf camp sehingga wisma ini sebagai wajah tersendiri selain mengangkat citra lingkungan juga sebagai pundi pundi ekonomi

Konsep Adaptasi Wisma Osing

Konsep Wisma Osing sendiri diambi dari adaptasi arsitektur rumah osing Banyuwangi mulai dari pola ruang hingga ekspresi ruag yang terbentuk.

AWARENESS OF SPACE 

Site terintegrasi & terkoneksi dengan pemukiman warga dan posisi yang persis disamping dengan Bungalow BeachClub dimana merupakan fasilitas penginapan, restaurant dan komunitas surfing di Red Island menjadikan site tersebut sangat strategis. Pendekatan aksis 2 arah sesuai dengan lajur site memanjang.

AXIAL, MODULAR & HIERARKI 

Pendekatan masa dilakukan dengan memegang prinsip dualistik dan centralitas serta mempertahankan nilai konsep close ended plan pada bagian tengan. Akses dibedakan antara kegiatan publik termasuk hunian wisma dengan akses untuk rumah pribadi si pemilik rumah. Menciptakan konfigurasi hierarki single folium 2 lantai.

DATUM 

Pendekatan unik melakukan rotasi masa bagian belakang untuk membentuk vista yg lain. Datum bentuk sguare geometris rumah osing yang diulang dan mengalami permutasi skala. keseluruhanya dikombinasi kan dengan modifikasi penyatuan ke3 atap osing. Dan galeri indor diberi aksen tangga melingkar dan space outdor tengah juga diseimbangkan dengan geo-arc.

Secret Fluid Space

Konsep secret artinya bahasa masing yang digunakan seolah terpisah satu sama lain, fluid space adalah dimana art galeri apa saja bisa dipajang di sepanjang sirkulasi yang flow karena semua lebar sirkulasi dibuat 2,4m. Sebisa mungkin prosentase fungsi bisnis tetap menjadi komoditi utama apalagi dapat berinteraksi dgn beachclub

Karya Sayembara Arsitektur

Desain Wisma Seniman dengan Konsep
Omah Osing The Secret Banyuwangi

  • Sayembara Museum Batik Indonesia Taman Mini Indonesia Indah
  • Dibuat oleh : Jahid Anshori
  • Category : Student - Individual
  • Status : Competition Entry
Latar Belakang dan Konsep Desain
Dokumen Sayembara
Denah dan Exterior
Dokumen Sayembara
Tampak dan Potongan Bangunan
Dokumen Sayembara
Isometri, Detail, Dan Material
Dokumen Sayembara
Desain Interior
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Wisma Seniman dengan Konsep Omah Osing The Secret Banyuwangi karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang anda buat menjadi lebih baik.

Baca Juga