Desain Perumahan Residence dengan Tema "Rumah Dialog"

Desain Perumahan Residence - Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa anda jadikan inspirasi.

Pada artikel ini kami bagikan Desain Perumahan Residence dengan Tema "Rumah Dialog" Karya Sayembara Arsitektur, yang dapat anda jadikan Referensi dan Inspirasi.

Rumah Dialog

Kualitas Ruang hunian Tropis sederhana yang Konstemporer melalui dialog menyeluruh rumah terhadap ruang dalam maupun luar

Dialog Dengan Alam

Feel The Outside Inside
Menyajikan ruang khas nusantara, di mana ruang luar dan ruang dalam yang saling bersinergi, sebagai pengalaman ruang yang menarik secara visual dan nyaman secara thermal.

Dialog Antar Ruang
Open Plan, Permeability adn Flexibility
Lantai dasar didesain dengan konsep open plan yang minim sekat, memungkinkan berbagai aktivitas bagi penghuninya, juga untuk merangsang interaksi penghuninya sehingga menciptakan suasana yang dinamis.

Dialog dengan Tetangga
Optimized and Controlled service Area
Pembatasan antar unti hunian terletak pada zona servis, dengan tujuan mengefektifkan konstruksi bangunan dan instalasi utilitas. Dinding tetangga tidak terikat dengan konstruksi atap utama, sehingga konstruksi dinding tetangga tidak terlalu tinggi

Home Garden Insertion
Elemen hijau tidak hanya sebagai lansekap yang mengelilingi rumah, namun juga dioptimalkan dengan adanya sisipan vegetasi ke dalam interior, menghadirkan nuansa ruang yang unik, ringan, dan asri.

Interactive and communicative spaces
Untuk merangsang interaksi yang dinamis, ruang-ruang di desain secara komunikatif dan terbuka, terhubung secara vertikal maupun horizontal melalui void dan pengadaan mezanin pada ruang keluarga double volume.

Privacy control
Muka antar unit bangunan yang berjauhan adalah zona privat dengan jarak 8 meter. Untuk menambha kontrol privasi, solusi ynag diberikan adalah dengan secondary skin yang fleksibel.

Ekspresi Bentuk dan Fasade

Bentuk sederhana mengambil atap pelana sebagai karakter rumah nusantara yang menaungi, dengan ekspresi bidang yang rngan dan bersih, berdiri sebagai identitas rumah couple

Ekspresi fasade depan didominasi oleh bidang, untuk menyampaikan privasi secara ramah. Transisi fasade dari lantai dasar ke lantai atas dieksekusi dengan ekspresi 'melayang' melalui adanya elemen transparan di antara elemen-elemen solid.

Bagian dalam rumah yang lebih privat didonminasi dengan elemen garis-bidang yang rungan dan terbuka, memaksimalkan pngalaman visual penghuni terhadap ruang luar.

Dinamic facade as privasy control

Sebagai perwujudan kontrol fasad atas fungsi privat antar unit, diselesaikan dengan secondary skin yang fleksiel sesuai dengan kontrol penghuni. Secondary skin berfungsi sebagai buffer visual yang menjaga privasi antar unit hunian

Karya Sayembara Arsitektur

Rumah Dialog

  • Provident Residential Mid End House Design Competition 2014
  • Team: 
    • Teguh Risnandar
    • Lucky Fachrurrozi
    • Steve Asoes
  • Status : Competition Entry
Konsep Desain dan Analisa
Dokumen Sayembara
Denah Lantai Dasar dan Atas
Dokumen Sayembara
Tampak dan Potongan
Dokumen Sayembara
Detail Material dan Rencana Anggaran Biaya
Dokumen Sayembara
Perspektif Interior
Dokumen Sayembara
Perspektif Eksterior
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Perumahan Residence dengan Tema "Rumah Dialog" karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang anda buat menjadi lebih baik.

Baca Juga