Desain Museum Batik Indonesia dengan Tema Perjalanan Warisan Budaya Nusantara

Desain Museum Batik Indonesia - Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa anda jadikan inspirasi.

Pada artikel ini kami bagikan Desain Museum Batik Indonesia dengan Tema Perjalanan Warisan Budaya Nusantara Karya Sayembara Arsitektur, yang dapat anda jadikan Referensi dan Inspirasi.

Latar Belakang

Batik sebagai warisan turun temurun budaya bangsa Indonesia telah menjadi salah satu kebanggan Nusantara yang kuat dan berkarakter. Fraktal dan elemen repetisi yang menjadi esensi dalam batik diterapkan pada gubahan massa museum yang meruang, menciptakan kontinuitas sirkulasi bagi pengunjung. 

Gubahan massa museum yang dominan horizontal bermaksud untuk menyeimbangkan konteks sekitar yang vertikal, hadir dalam ekspresi yang tenang dan bentuk yang geometris. Kelembutan dan keindahan batik dibalut dalam massa yang rendah hati, namun justru menjadi karakter tersendiri pada konteksnya tanpa harus “berteriak'.

Prinsip Desain Berkelanjutan

Prinsip desain berkelanjutan diterapkan melalui penggunaan wetland sebagai area resapan dan pengolahan limbah batik sebelum dibuang ke riol kawasan TMII, dan juga untuk menjaga kebersihan dan biota air di kawasan danau TMII. 

Material-material ramah lingkungan juga banyak digunakan pada pengolahan lanskap untuk memperbesar area resapan air. Tidak hanya diwujudkan melalui penggunaan material semata, prinsip keberlanjutan yang dibawa juga ditujukan untuk menciptakan perilaku bebas asap dan budaya berjalan kaki. 

Area drop off ditujukan bagi tamu VVIP saja, lalu disediakan lahan parkir komunal yang ditujukan untuk memulai dan membiasakan budaya berjalan kaki. Prinsip keberlanjutan yang dibawa diharapkan dapat menimbulkan green and sustainable behaviour.

Karya Sayembara Arsitektur

Museum Batik Indonesia
Perjalanan Warisan Budaya Nusantara

  • Sayembara Museum Batik Indonesia Taman Mini Indonesia Indah
  • Team: 
    • Yori Antar
    • Laurensia Levina
    • Yanuar
    • Jonathan
    • Steve Asoes
  • Status : Competition Entry
Gagasan dan Konsep Perancangan
Dokumen Sayamebara
Rencana Blok
Dokumen Sayamebara
Rencana Tapak
Dokumen Sayamebara
Denah Lantai Bangunan
Dokumen Sayamebara
Tampak dan Potongan Museum
Dokumen Sayamebara
PErspektif Ruangan dan Detail
Dokumen Sayamebara
Itulah Desain Museum Batik Indonesia dengan Tema Perjalanan Warisan Budaya Nusantara karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang anda buat menjadi lebih baik.

Baca Juga