Desain RUSUNAWA di Jatinegara dengan Tema Kampung Backyard in The Air

Desain RUSUNAWA di Jatinegara - Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa anda jadikan inspirasi.

Pada artikel ini kami bagikan Desain RUSUNAWA di Jatinegara, Jawa Barat dengan Tema Kampung Backyard in The Air Karya Sayembara Arsitektur, yang dapat anda jadikan Referensi dan Inspirasi.

Konsep Bedol Desa

Backyard culture originated in their old dwelling
Bila ditinjau dari nilai sosial dan sejarah diakronik kota, sesungguhnya kampung kota adalah harta dan karakter sebuah kota. Kampung kota sendiri telah bertranformasi menjadi suatu tempat yang diharapkan dapat merepresentasikan identitas atau karakter Kota. Dibalik segala kekurangan dan ketidak layakan secara sarana dan prasarana , Kampung kota sesungguhnya memiliki nilai-nilai kemasyarakatan yang telah melekat sejak masa lalu baik yang tercermin secara formal maupun informal dalam kehidupan masyarakat. 

Selain memiliki nilai - nilai toleransi yang sangat tinggi, kampung kota memiliki interaksi | sistem kebertetanggaan yang sangat baik serta patut dilestarikan dan diterapkan dalam kehidupan bermukim di Jakarta. Maka dari itu intisari akan Gagasan “Bedol Desa" adalah dengan tidak merubah sistem sosial kemasyarakatan yang telah lahir dan berkembang pada Perkampungan kawasan kali ciliwung , yang dibawa serta dalam transformasinya menuju vertical housing (Vertical Kampung). 

Hal ini menyebabkan konsekuensi desain yang tetap mempertahankan nuansa kampung kota dalam desain hunian padat vertikal yang sehat dan humanis dalamaspek fisik spasial. Desain Hunian Vertikal yang efektif dan sehat tanpa merubah atmosfer kampung dan sistem kemasyarakatannya (Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Masyarakat). Maka desain hanya mem'bedol' kampung yang lama menuju lingkungan yang lebih sehat dan nyaman.

Konsep Backyard Culture

Kebudayaan masyarakat Indonesia pada umumnya yakni kebudayaan tropis Imaksimalisasi ruang luar menjadi penekanan utama dalam desain yang dipadukan dengan optimalisasi strategi pasif desain. Aspek Sosial Gang, bagi kehidupan kampung menjadi lebih dari sekedar sirkulasi, karena telah menjelma menjadi Shared Communal Space antar warga, dimana interaksi harian terjadi dengan tetap dapat melakukan aktivitas indoor. 

Konsep backyard ini tentu saja membutuhkan permeabilitas yang tinggi antar gang untuk memudahkan interaksi maka disediakan tangga shortcut sebagai penghubung gang. Desain interior unit juga di desain untuk interaksi pada gang, dan memudahkan kontrol ketika sedang beraktivitas pada backyard. 

Aspek Kenyamanan dan Kesehatan Hunian Lingkungan hunian vertikal yang sehat pada bangunan tropis dengan menggabungkan impresi dan konstruksi single-double loaded. Mencegah kelembapan tinggi yang kerap terjadi pada hunian murah ibukota. Menyediakan backyard dengan penanaman vegetasi , Green Backyard untuk menjaga iklim mikro, thermal, dan kualitas udara serta serangga.

Karya Sayembara Arsitektur

Sayembara RUSUNAWA di Jatinegara, Jawa Barat
dengan Tema Kampung Backyard in The Air

  • Sayembara RUSUNAWA di Jatinegara, Jawa Barat
  • Team: 
    • Baskoro Tedjo
    • Akbar Hantar
    • Antonius Richard
    • Ihotasi Siregar
    • Muhammad Saddan
  • Status : Competition Entry
Panel 1
Dokumen Sayembara
Konsep Perancangan
Dokumen Sayembara
Konsep Perancangan
Dokumen Sayembara
Gambar Renacana Tapak
Dokumen Sayembara
Laporan Perancangan dan RAB
Dokumen Sayembara
Gambar Situasi
Dokumen Sayembara
Denah Bangunan
Dokumen Sayembara
Tampak Bangunan
Dokumen Sayembara
Potongan Bangunan
Dokumen Sayembara
Perspketif Eksterior
Dokumen Sayembara
Desain Interior
Dokumen Sayembara
Gambar Rencana MEP
Dokumen Sayembara
Itulah Desain RUSUNAWA di Jatinegara dengan Tema Kampung Backyard in The Air karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang anda buat menjadi lebih baik.

Baca Juga