Desain Alun-alun di Kota Malang Karya Sayembara Arsitektur

Desain Alun-alun Malang - Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa anda jadikan inspirasi.

Pada artikel ini kami bagikan Desain Alun-alun di Kota Malang dengan Tema "Merdeka Square" Karya Sayembara Arsitektur, yang dapat anda jadikan Referensi dan Inspirasi.

Latar Belakang

Alun-alun kota merupakan sebuah representasi dari sebuah kota dimana alun-alun itu berada. Dengan kata lain alun-alun merupakan salah satu wajah kota yang sangat mudah terlihat dan dikenal masyarakat. Selain sebagai ruang terbuka bagi masyarakat, alun-alun kota sebaiknya dapat memunculkan keunikan dan ciri khas suatu kota yang seharusnya dapat direpresentasikan di dalamnya. 

Selain itu, Alun- alun juga harus mampu mendukung perkembangan kota serta masyarakatnya dan tidak hanya berperan sebagai wadah aktivitas, namun juga wadah untuk terjalinnya sosial, ekonomi, ekologi yang berkelanjutan, dan lainnya. 

Melalui ini, kami merancang alun-alun kota yang lebih representatif terhadap kota Malang dan juga menerapkan beberapa aspek sosial, ekonomi, ekologi yang berkelanjutan, dan lainnya, sehingga menjadikan alun-alun ini sebagai harta masyarakat dan kota, sehingga juga berpengaruh terhadap perkembangan kota Malang itu sendiri.

Gagasan Desain

Landscape Alun-alun kota yang berdialog dan merefleksi- kan identitas kota Malang 

kekayaan identitas dan ciri khas kota Malang yang begitu dikenal masyarakat, seyogianya dapat direpresentasikan melalui landscape alun-alun kota, dengan kata lain, Landscape Alun-alun tersebut berdialog tentang identitas dan ciri khas kota Malang. 

Alun-alun kota sebagai wadah pengembangan masyarakat 

sebagai ruang publik, Alun-alun kota Malang ini memiliki kesempatan dan peranan yang sangat besar dalam mencapai masyarakat yang kreatif dan cerdas, dengan kata lain, Alun-alun ini memberikan wadah bagi masyarakat atau kelompok masyarakat demi pengembangan diri dan mengembangkan potensi mereka. 

Open Space / Public Space yang produktif 

demi mencapai ruang terbuka bagi masyarakat yang berkelanjutan, alun- alun kota ini ditujukan agar lebih produktif, namun keproduktifitasan dari alun-alun ini diperlukan partisipasi masyarakat sehingga interaksi alun-alun dan masyarakat lebih terjalin. 

Gagasan sarana Edukasi dan Budaya 

kota Malang mendapat julukan sebagai Kota Pelajar, ini sebaiknya dijadikan peluang bagi alun-alun kota untuk meningkatkan intelektual masyarakatnya, sekaligus juga interaksi sosial. Akan tetapi permasalahan budaya yang semakin terkikis, ini juga sebaiknya dijadikan peluang bagi alun-alun kota Malang untuk memberikan wadah untuk pertunjukan budaya demi pelestar- ian budaya yang ada di kota tersebut.

Gagasan Sustainabilitas

  • Ekonomi = Sebagai Wadah Ekonomi Mikro dan Ekonomi Kreatif
  • Sosial = Menjunjung tinggi terjalinnya interaksi masyarakat
  • Lingkungan = aspek green pada lingkungan.

Karya Sayembara Arsitektur

Desain Alun-alun di Kota Malang
dengan Tema "Merdeka Square"

  • Sayembara desain penataan Alun-alun Malang
  • Team: 
    • Robert Simbolon
    • Joshua Daniela Hutapea
  • Status Competition = 23 Top Design + Karya Pameran
Konsep Makro dan Gagasan Desain
Dokumen Sayembara
Konsep Mikro Plaza dan Alun-alun
Dokumen Sayembara
Konsep Mikro Fasilitas Alun-alun
Dokumen Sayembara
elevation, Section, Perspective
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Alun-alun di Kota Malang dengan Tema "Merdeka Square" karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang anda buat menjadi lebih baik.

Baca Juga