Desain Menara Lembaga Ketahanan Nasional dengan Tema Menara Bersatu

Desain Lemhamnnas Tower - Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa anda jadikan inspirasi.

Pada artikel ini kami bagikan Desain Menara Lembaga Ketahanan Nasional dengan Tema Menara Bersatu Karya Sayembara Arsitektur, yang dapat anda jadikan Referensi dan Inspirasi.

Konsep Perancangan

Dengan menggunakan analogi ikatan lidi (sapu) yang sederhana yang memiliki makna filosofi persatuan yang menciptakan kekuatan, sebagai simbol ikatan kuat para pemimpin bangsa.

1. Indonesia dan Nusantara

Konsep Indonesia sebagai negara dan konsep Nusantara sebagai negeri diturunkan menjadi konsep Lemhanas sebagai lembaga pencetak pemimpin bangsa

2. Filosofi

Mengambil sapu lidi sebagai konsep bentuk mengandung makna bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh sebagai turunan dari konsep Wawasan Nusantara.

Konsep Fraing dan Urban Void diterapkan pada bangunan sebagai hasil dari sebuah interaksi dengan monumen Nasional dan bangunan sekitar

3. Zoning

Zoning secara vertikal disusun berdasarkan tingkat privasi. Untuk akses secara horizontal, di desain skywalk yang menghubungkan antara bangunan dari area depan sampai area belakang.

4. Tipologi Ruang

Bangunan terdiri dari 2 buah tower yang pada masing-masing core tower didesain dengan jalur sirkulasi yang langsung memiliki view keluar.

Konsep menara yang diawali dengan bentukan 4 titik massa pada bagian bawah dan diakhiri dengan 5 titik massa pada bagian atas melambangkan tahun 1945 sebagai tahun kemerdekaan Indonesia.

Karya Sayembara Arsitektur

Desain Menara LEMHANNAS
dengan Tema "Menara Bersatu"

  • Sayembara Konsep dan Skematik Design Arsitektur Menara LEMHANNAS
  • Team: 
    • Ir. Jimmy R Purba, MT, IAI
    • Aris Munandar, ST
    • Julius F Siregar, ST
    • Soerya H. Farant, SDs
    • Fadhila Utami
  • Status : Competition Entry
Konsep Perancangan
Dokumen Sayembara
Rencana Tapak dan Rencana Lantai Dasar
Dokumen Sayembara
Denah Perancangan
Dokumen Sayembara
Denah, Tampak, dan Potongan Bangunan
Dokumen Sayembara
Visualisasi Perancangan
Dokumen Sayembara
Visualisasi Perancangan
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Menara Lembaga Ketahanan Nasional dengan Tema Menara Bersatu karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang anda buat menjadi lebih baik.

Baca Juga