Perancangan Balai Kirti Istana Rakyat Indonesia di Bogor

Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Karya Sayembara Arsitektur yang akan kami bagikan adalah Perancangan Balai Kirti Istana Rakyat Indonesia di Bogor

Latar Belakang

Balai Kirti direncanakan sebagai Hall of Fame, bangunan yang berisi rekam jejak sejarah kepresidenan Republik Indonesia. Balai Kirti akan menjadi bangunan yang menjadi bagian dari kompleks Istana Kepresidenan RI. 

Bangunan Istana Kepresidenan pada kompleks ini khusus digunakan untuk kepentingan kepresidenan dan kenegaraan misal menerima tamu kepala negara dan perjamuan kenegaraan, sehingga hanya digunakan oleh kalangan terbatas. Berbeda dengan Istana Kepresidenan, Balai Kirti memilki 'keistimewaan' tersendiri yaitu dibuka untuk umum (masyarakatluas).

Korelasi antara kepentingan kalangan kenegaraan dan kepentingan masyarakat inilah yang menjadi landasan dari perancangan Balai Kiri. Selain kalangan kenegaraan yang mendapatkan hak menggunakan Istana Kepresidenan, sebagai bagian tak terpisahkan dari kemahsyuran perjalanan sejarah Republik Indonesia, masyarakat Indonesia juga memliki hak untuk mendapat keagungan di negaranya sendiri. Hak ini diwujudkan dalam perancangan Balai Kiri sebagai Istana Masyarakat Indonesia. 

Tidak hanya “sebagai museum, ruang pamer, dan perpustakaan saja, secara filosofis, Balai Kirti juga menjadi sebuah ruang kebudayaan masyarakat, ruang komunal 'dan berkegiatan masyarakat, ruang yang dipersembahkan sebagai wadah 'sehingga masyarakat dapat merasakan kemahsyuran sejarah perjalanan menjadi masyarakat Indonesia.

Karya Sayembara Arsitektur

Sayembara Perancangan Balai Kirti di Istana Bogor

  • Konsep : Istana untuk rakyat sebagai salah satu hak kemerdekaan rakyat
  • Status: Competition entry
  • Partner in charge:
    • Ir. Sri Hardiyatno, MT, IAI
    • Ir. Rachmadi Nugroho, MT, IAI
  • Team : 
    • Gregorius Agie Aditama
    • Akbar Hantar
    • Beni Mustafa
    • Galih Ajie Nugraha

Konsep Perancangan
Dokumen Sayembara
Blok plan Balai Kirti
Dokumen Sayembara
Siteplan Balai Kirti
Dokumen Sayembara
Denah Balai Kirti
Dokumen Sayembara
Tampak dan Potongan
Dokumen Sayembara
Perspektif Eksterior
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Rumah Modular dengan Konsep Tangram di Malang Jawa Timur karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang kamu buat menjadi lebih baik.
Sumber : akbarhantar.blogspot.com
Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP