Desain Rumah Minimalis dengan Konsep Modern Tropis

Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Karya Sayembara Arsitektur yang akan kami bagikan adalah Desain Rumah Minimalis dengan Konsep Modern Tropis

Latar Belakang

Konsep minimalis pada masa kini mengalami pergeseran makna dimana desain rumah minimalis yang tercermin pada desain rumah umumnya tidak sesuai dengan pengertian minimalis yang sesungguhnya. Desain minimalis ditangkap sebagai suatu bentukan desain rumah tinggal modern yang dilengkapi dengan berbagai komposisi elemen fasad yang sehingga mewujudkan kesan minimalis atau praktis, namun pada faktanya elemen tersebut tidak fungsional. 

ANALISIS MASALAH 

Makna minimalis yang semakin bergeser pada pemahaman masyarakat disebabkan oleh karena adanya pembangunan perumahan dengan konsep minimalis untuk masyarakat dengan penerapan pemahaman konsep yang tidak tepat, tanpa ada pengkajian trend desain minimalis yang seharusnya. Belum ada suatu bentuk penyadaran pola pikir terhadap trend desain rumah tinggal menyebabkan presepsi yang menyimpang tersebut tetap melekat pada masyarakat.

TUJUAN 

Butuh inovasi gagasan desain rumah tinggal yang menawarkan ben- tukan desain yang mencoba mengembalikan pola pikir dan persepsi masyarakat terhadap desain rumah minimalis, bahwa konsep utama dari desain minimalis yang sesungguhnya adalah penciptaan sebuah ruang aktifitas yang nyaman bagi pengguna bangunan dengan cara pendekatan yang praktis dan fungsional. 

SOLUSI 

Menciptakan desain rumah minimalis yang sesungguhnya dengan cara mengutamakan kenyamanan pengguna bangunan dan meminimalisir penggunaan elemen-elemen estetis bangunan yang tidak fungsional dan hanya berperan untuk membentuk kesan minimalis.

MODERN TROPIS 

Konsep rumah modern tropis diterapkan melalui penyelesaian terhadap fenomena iklim tropis yang dipadukan dengan pemahaman trend desain rumah modern yang minimalis. Rumah didesain dengan penerapan ruang hijau sebagai bentuk maksimalisasi daerah serapan pada tapak untuk menyikapi kondisi iklim tropis basah. 

Bukaan pada fasad bangunan juga didesain untuk memanfaatkan potensi sinar matahari dan menanggulangi kendala kecepatan angin yang kurang untuk menciptakan ruang yang hangat dan nyaman dari segi sirkulasi udara melalui penerapan sistem cross-ventilation.

Karya Sayembara Arsitektur

Residential Mid-End House Design Competition

  • Konsep : Modern Tropis
  • Status: Competition Entry
  • Team : 
    • Nirmala Nadiaputri
    • Silvanus Andi Saputra
    • Susanti Mega
    • Pius Henry Priyadi
Konsep dan Analisis
Dokumen Sayembara
Denah Rumah Minimalis
Dokumen Sayembara
Potongan dan Tampak
Dokumen Sayembara
Detail dan Biaya
Dokumen Sayembara
Perspektif Interior
Dokumen Sayembara
Perspektif Eksterior
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Rumah Minimalis dengan Konsep Modern Tropis karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang kamu buat menjadi lebih baik.
Sumber : coroflot.com/piushenry
Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP