Desain Lapangan Merdeka dengan Konsep New Sustainable Landmark

Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Karya Sayembara Arsitektur yang akan kami bagikan adalah Desain Lapangan Merdeka dengan Konsep New Sustaineble Landmark

Latar Belakang

Lapangan merdeka kota medan merupakan sebuah lapangan terbuka yang telah memiliki sejarah seiring dengan perkembangan kota medan pada zaman kolonial terdahulu. Lapangan merdeka ini juga yang merupakan saksi mata dari keberadaan bangunan bangunan kolonial di sekitar lapangan ini. 

Fungsi-fungsi terdahulu adalah sebagai ruang terbuka bagi masyarakat, ruang musyawarah bagi petinggi, dan pesta rakyat. 

Namun sekarang ini, sejarah dari lapangan merdeka ini pun semakin terlupakan, hal ini dikarenakan adanya bangunan komersil yang ada pada lapangan merdeka ini, yang sebenarnya telah merenggut jiwa historis dari lapangan ini.

Pernyataan Desain

Neo Lapangan Merdeka merupakan hasil pengembalian citra sejarah lapangan merdeka sesuai dengan fungsinya terdahulu dan penambahan fungsi-fungsi baru berupa komersil, parkir, Social Area, Culture Area, RTH, dll pada Underground (Tanpa merusak area bersejarah). 

Tujuannya menciptakan ruang publik yang menerapkan aspek ekonomi, sosial, budaya dan sejarah. pendidikan, renewable energy, dan lingkungan yang saling berkaitan, hingga membentuk sistem berkelanjutan, sehingga konsep yang diberlakukan adalah sustainable. 

Adanya Rainwater Harvest, Urban Agriculture, Photovolatic, Biopori semakin menguatkan konsep Sustainable dalam aspek renewable energy. Pemilihan warna yang ditunjukan sesuai dengan identitas budaya, hetergenitas budaya, dan kedinamisan warna sehingga ruang yang diciptakan cukup menarik dan menyenangkan.


Karya Sayembara Arsitektur

Nippon Paint Young Designer Award Neo Lapangan Merdeka

  • Konsep : New Sustainable Landmark
  • Status: Top 5 Nominator
  • Team : Robert Simbolon

Site History dan Site Analysis
Dokumen Sayembara
Konsep Makro dan Konsep Mikro
Dokumen Sayembara
Design Development
Dokumen Sayembara
Perspektif Multifunction
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Lapangan Merdeka dengan Konsep New Sustaineble Landmark karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang kamu buat menjadi lebih baik.
Sumber : coroflot.com/robertsimbolon
Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP