Desain Rumah Green Building dengan Konsep Grey to Green House

Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Karya Sayembara Arsitektur yang akan kami bagikan adalah Desain Rumah Green Building dengan Konsep Grey to Green House

Latar Belakang

Kerusakan Lingkungan sering kali dikaitkan oleh perilaku manusia yang merusak lingkungan itu sendiri, baik secara langsung maupun tak langsung. Akan tetapi, “Rumah” juga berkontribusi besar terhadap kerusakan lingkungan. Pembangunan yang dilakukan secara terus menerus menyebabkan kurangnya lahan hijau, meningkatnya sampah-sampah, peningkatan gas rumah kaca dan lainnya. Sekarang ini, banyak juga manusia yang enggan melestarikan lingkungan, bahkan rumah pun terkadang tidak terurus dengan baik. 

Rumah yang merupakan tempat bernaung manusia harus dapat memberikan pengaruh positif terhadap penghuninya. Namun pada kenyataannya, rumah sekarang ini justru mengekang penghuni dan Rumah tidak memainkan “perannya” kepada penghuni untuk terus beraktivitas dan melestarikan lingkungan. Lainnya, zaman yang semakin maju membuat masyarakat menjadi individualis. Zaman yang semakin maju juga membuat harga sebuah rumah menjadi tinggi seiring dengan pertumbuhan ekonomi, padahal rumah merupakan kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi. 

Konsep Desain

Rumah ini menerapkan konsep “GREY to GREEN”, yaitu sebuah “PEMULIHAN” dari hal yang “TIDAK BAIK" (dianalogikan sebagai “GREY”) menjadi hal yang “SANGAT BAIK" (dianalogikan sebagai GREEN). Pemulihan yang terjadi bukan hanya pada Rumah saja, melainkan psikologi penghuni, lingkungan makro dan mikro, sosial, diversitas, dan lain-lain, yang dipengaruhi oleh rumah tersebut. 

Karya Sayembara Arsitektur

Green Building Design Award Propan 2012

  • Konsep : Grey to Green House
  • Status: Top 50 Nominations
  • Team : Robert Simbolon
  • Published : @ eksplorasi rumah hijau - Imelda Akmal Writer - IMAJI

Lokasi SIte dan Latar Belakang
Dokumen Sayembara
Massa dan Konsep Desain
Dokumen Sayembara
Analisa Aktivitas dan Penggunaan Material
Dokumen Sayembara
Siteplan
Dokumen Sayembara
Denah dan Tampak
Dokumen Sayembara
Perspektif Interior
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Rumah Green Building dengan Konsep Grey to Green House karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang kamu buat menjadi lebih baik.
Sumber : coroflot.com/robertsimbolon
Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP