Cara menjadi Arsitek

arsimedia.com - Cara menjadi seorang arsitek.
Menjadi arsitek adalah profesi yang tidak mudah, setidaknya anda harus punya ketertarikan dengan dunia Arsitektur. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba menjabarkan tahapan atau proses untuk anda yang ingin menjadi seorang arsitek.

Tahap pertama, Niat menjadi arsitek

Tahap pertama untuk menjadi arsitek adalah anda harus punya niat atau cita-cita menjadi arsitek, sehingga anda akan mulai mencari tahu segala sesuatu tentang profesi seorang arsitek, yang bisa anda dapatkan dari teman, saudara, atau informasi dari Internet.

Dan yang terpenting adalah setelah anda mulai tahu tentang profesi menjadi arsitek, apakah niat anda tetap lanjut atau malah menjadi kurang tertarik dengan profesi ini.

Tahap kedua, mulai serius belajar Arsitektur

Setelah anda mencari tahu informasi tentang profesi arsitek, dan semakin termotvasi menjadi arsitek, anda harus mulai untuk mendalami ilmu tentang arsitektur, yang bisa anda dapatkan dengan cara kuliah jurusan Arsitektur.

Pada tahap ini, anda harus benar-benar serius, karena dalam perkuliahan Arsitektur dapat membuktikan bahwa anda memang pantas menjadi arsitek, hal ini dapat dilihat dari semangat anda dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Sedikit tips pada saat kuliah arsitektur, usahakan untuk setidaknya bisa lulus dan mendapatkan nilai yang bagus di setiap mata kuliah, dan usahakan untuk lulus tepat waktu.

Menekuni salah satu bidang ilmu arsitektur

Dalam ilmu arsitektur ada banyak fokusnya, yang diantaranya adalah, desain Interior, arsitektur Landscape, arsitektur hunian, arsitektur high rise building, Tata kota, dan banyak lain sebagainya.

Di antara fokus bidang arsitektur tersebut manakah yang paling anda sukai, nah mulai dari situlah bisa anda perdalam lagi ilmunya, sehingga anda mendapatkan spesialis bidang arsitektur,

Hal ini penting karena akan menjadi masalah apabila anda mengerjakan sebuah pekerjaan yang berada di luar fokus bidang arsitektur yang anda miliki, bukan berarti anda tidak bisa, namun bisa jadi anda kurang maksimal mengerjakan Project tersebut.

Mencari pengalaman arsitektur

Cara menjadi arsitek berikutnya adalah anda harus mencari pengalaman di dunia arsitektur sebanyak banyaknya, yang bisa anda dapatkan dari mengikuti sayembara arsitektur, dan ikut bekerja dalam Project pembangunan yang sesungguhnya.
Hal ini sangat penting karena dengan demikian anda akan merasakan dunia kerja arsitektur.

Itulah beberapa tahap awal cara menjadi arsitek, semoga dapat membantu dan anda bisa menjadi seorang arsitek profesional, aamiin.

Baca Juga

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP