Cara Membuat Desain Tampak Bangunan Agar Tidak Monoton

arsimedia.com - Cara membuat desain Tampak Bangunan.
Desain arsitektur pasti akan selalu menarik, enak di lihat dan nyaman untuk di huni. Namun untuk mendapatkan hasil yang demikian bukanlah hal yang mudah, karena harus melalui proses desain yang panjang.

Dimulai dari pembuatan konsep, yang meliputi pendekatan arsitektur, dan analisis arsitektur. Hingga akhirnya menentukan tampak bangunan.

Nah berikut ini ada beberapa tips agar sebuah desain tampak pada bangunan memiliki nilai estetika yang baik dan tidak monoton, yang dapat di susun dari kombinasi bentuk, warna, dan material bangunan.

Menggunakan elevasi Pada bidang yang datar

Untuk menciptakan sebuah tampak yang tidak monoton, bisa di lakukan dengan membuat sebuah elevasi pada tampak bangunan. Sebagai contoh adalah gambar di bawah ini.
Gambar menggunakan elevasi pada tampak
Dari gambar tersebut dapat diketahui adanya perbedaan ketebalan dan warna, sehingga menghasilkan sebuah tampak yang estetis.

Gunakan warna yang cerah untuk bidang yang sempit

Tips yang kedua adalah dengan bisa membuat sebuah bidang degan warna yang cerah pada tampak bangunan, namun bidang ini tidak terlalu lebar, hanya untuk membuatnya jadi point of interest saja.
Gambar warna cerah pada bidang sempit
Dari gambar tersebut jelas nampak penggunaan warna yang cerah di bagian yang sempit, hal ini bertujuan untuk membuat point of interest atau membuat pusat perhatian.

Menggunakan material kayu, bambu, dan ekspose bata merah

Cara ketiga untuk menyiasati agar tampak bangunan tidak monoton adalah dengan menggunakan material kayu, bambu, atau ekspose bata merah, sebagai contoh adalah gambar di bawah ini.
Gambar material bata pada tampak
Penggunaan material tersebut bisa di gunakan untuk eksterior maupun interior, yang bertujuan untuk memanjakan mata dan membuat desain tidak monoton.

Membuat bidang simetris atau asimetris

Tips untuk membuat Tampak bangunan menjadi lebih estetis yang berikutnya adalah dengan membuatnya menjadi simetris atau asimeteis pada bagian kanan dan kiri, membuatnya bisa dengan warna, material atau elevasi. Namun perlu diperhatikan agar tidak malah menjadi monoton, komposisinya tetap harus di perhitungkan. Sebagai contoh adalah gambar dua rumah di bawah ini,
Gambar membuat bidang simetris atau asimetris
Itulah beberapa tips untuk membuat agar tampak sebuah bangunan lebih estetis dan tidak monoton, terimakasih sudah mampir di arsimedia.com

Baca Juga

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP