Software Desain Paling Sering Digunakan Arsitek

arsimedia.com - Software Desain paling sering digunakan oleh Arsitek. Seorang arsitek tentu harus menguasai berbagai macam software desain untuk membantu dalam sebuah project, biasanya software tersebut mulai di pelajari ketika menjadi mahasiswa.

Nah pada artikel kali ini akan membahas software apa saja sih yang paling sering digunakan oleh seorang arsitek.

AutoCAD

Pertama dan yang paling utama adalah AutoCAD, software ini digunakan untuk membuat gambar kerja atau biasa disebut DED, dimulai dari siteplan, denah, tampak, potongan, dan gambar detai lainnya.

Sketchup

Kedua adalah aplikasi 3D Sketchup, aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat gambar tiga dimensi dari gambar dua dimensi yang dibuat dengan AutoCAD,

Selain itu apabila Sketchup dilengkapi dengan Vray dan digunakan untuk me render, dapat menghasilkan sebuah gambar yang lebih baik. Namun anda harus juga mempelajari lebih lanjut terkait Vray pada Sketchup.

Lumion

Ketiga adalah aplikasi Lumion, aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat gamba tiga dimensi lebih baik lagi dari sketchup, dan aplikasi ini terkenal di kalangan arsitek karena kemudahannya.

Lumion juga bisa menghasilkan sebuah animasi dari desai yang anda buat dan hasilnya juga memuaskan.

Coreldraw

Ke empat adalah Coreldraw, aplikasi ini biasa digunakan oleh arsitek untuk membuat desain grafis seperti Konsep, poster / panel, baner, dan sebagainya.

Aplikasi ini lebih sering di gunakan karena mudah untuk dipelajari.

Photoshop

Ke lima adalah Photoshop, aplikasi ini fungsinya hampir sama dengan Coreldraw yaitu untuk membuat desain grafis, namun dengan Photoshop dapat menghasilkan gambar yang lebih baik.

Sedikit tips antara coreldraw dan Photoshop, gunakan atau pelajari yang lebih kalian sukai untuk membuat desain grafis.

3D Max

Ke enam 3D max, aplikasi ini adalah keluaran AutoDesk sama seperti AutoCAD yang berfungsi untuk membuat gambar 3D dengan sangat baik,

namun untuk dapat menggunakan aplikasi 3D max kalian harus mengikuti kursus atau les 3D max, karena untuk menguasai 3D max tidaklah mudah, bisa juga belajar sendiri secara otodidak apabila kalian mampu dan mau.

Itulah beberapa aplikasi atau software desain yang paling sering digunakan oleh seorang arsitek, asalkan ada niat dan kemauan, pasti kalian dapat menguasai semua aplikasi tersebut.

Baca Juga

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP