Tips Mencari Inspirasi Desain Arsitektur

Bagi seorang arsitek, mencari inspirasi desain terkadang tidak mudah untuk di dapatkan, untuk mendapatkan sebuah desain yang dirasa pas harus melalui beberapa tahap, yang diantaranya analisa, menentukan konsep, pemilihan material, dan menentukan bentuk bangunan.

Nah berikut ini ada beberapa tips suasana dan saat yang tepat untuk mencari inspirasi desain arsitektur,

Suasana yang Tenang

Pertama adalah suasana yang tenang di tempat yamg anda sukai, karena dengan suasana tenang dapat membantu anda mendapatkan sebuah inspirasi desain.

Tempat yang Asyik

Kedua adalah mendatangi tempat yang asyik namun tidak terlalu rame, bisa di perpustakaan, atau di taman, dan disarankan untuk datang sendirian agar tetap fokus dengan desain.

Pada waktu malam

Ketiga adalah mendesain di waktu malam, atau lebih tepatnya waktu sepertiga malam, disaat itulah puncak ketenangan baik suasana maupun pikiran, sehingga anda dapat dengan bebas menuangkan ide desain.

Pada waktu pagi hari

Ke empat adalah di waktu pagi hari, bangun pagi, sedikit olahraga, mandi, kemudian mulai mencari inspirasi untuk desain arsitektur, usahakan dimulai sekitar jam 8.00.

Pagi hari adalah saat yang tepat untuk mulai bekerja, beraktifitas, dan menyusun konsep desain.

Ruang Kerja yang nyaman

Kelima adalah di ruangan kerja yang anda buat senyaman mungkin, bisa di rumah atau di kantor, usahakan ruangan bersih, terbuka, dan semua fasilitas yang dibutuhkan tersedia.

Walaupun sering kali ruang kerja seorang arsitek tidak se bersih dan se rapih ruang kerja orang normal, namun tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya menjadi bersih dan rapih.

Tidak mudah terpengaruh

Yang tidak kalah penting adalah, ketika anda mendesain, usahakan untuk tidak terpengaruh oleh hal lain, atau pemikiran lain, karena semakin anda fokus mengerjakan desain, hasilnya pun akan semakin maksimal dan memuaskan.

Itulah beberapa tips suasana dan saat yang tepat untuk mencari inspirasi desain arsitektur, semoga bermanfaat.

Baca Juga