Apakah Kuliah Jurusan Arsitektur Sulit, Berikut Penjelasannya

arsimedia.com - Apakah kuliah jurusan arsitektur sulit ?.
Jurusan arsitektur sudah terkenal dengan kesulitannya, hal ini tidak lain disebabkan oleh tugas-tugasnya.

Beberapa kesulitan yang akan dihadapi oleh para mahasiswa jurusan arsitektur diantaranya adalah sebagai berikut,

Membuat konsep desain

Pertama saat membuat konsep desain, atau lebih tepatnya menemukan konsep yang sesuai dengan tugas desain yang diberikan, yang mana konsep ini harus punya landasan yang kuat, serta perhitungan yang matang, sehingga dapat diterapkan dengan baik pada desain bangunan.

Harus paham aturan

Kesulitannya yang akan dihadapi berikutnya adalah, pada saat mengerjakan sebuah tugas desain yang harus sesuai dengan aturan yang ada dan harus bisa mengikuti arahan dari dosen pembimbing.

Bisa berbagai macam Software desain

Ketiga adalah harus mau untuk mempelajari berbagai macam aplikasi atau software desain grafis, diantaranya ada autocad, coreldraw, Photoshop, sketchup, dan sebagainya.

Siap saat Praktek Kerja Lapangan PKL

Ke empat adalah saat PKL, yang mana kita harus bisa menyelesaikan pekerjaan yang diberikan di tempat PKL, yang terkadang sebelumnya belum pernah mendapatkan tugas seperti itu.

Tugas Akhir

Kelima adalah saat Tugas Akhir, dan dari pengalaman pribadiku dulu, setiap mahasiswa TA harus menentukan sendiri bangunan yang akan dikerjakan, tentu dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

Selain itu saat TA, mahasiswa harus dapat memenuhi semua tagihan tugas, yang diantaranya ada Konsep, Gambar Desain, poster / panel, 3D animasi, dan maket, dan kelengkapan lainnya.

Tips

Tapi tenang dari semua kesulitan yang akan dihadapi oleh mahasiswa jurusan arsitektur, pasti akan ada jalan keluarnya.

Kesulitan yang kalian hadapi saat jadi mahasiswa arsitektur, anggaplah sebuah latihan untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya, dan memang seperti itu kenyataannya, dunia kerja bisa lebih mudah, atau bahkan lebih sulit dibandingkan pada saat kuliah.

Arsitek itu pintar, diajari untuk dapat menyelesaikan masalah, gambarnya juga bagus, bisa menguasai berbagai macam software desain grafis, memiliki sifat sabar, baik, dan ramah.

Satu hal yang dapat memberikan motivasi adalah, kalian harus bisa mewujudkan cita-cita menjadi seorang arsitek profesional, dan itu semua diawali dari kuliah jurusan Arsitektur, kemudian lulus dengan hasil yang memuaskan.

Baca Juga

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP