Persiapan Mahasiswa Jurusan Arsitektur

arsimedia.com - Persiapan menjadi mahasiswa jurusan Arsitektur
Bagi kalian yang sedang menjadi mahasiswa jurusan arsitektur, atau yang mau kuliah jurusan Arsitektur ada baiknya untuk membaca artikel ini,

Karena di sini akan di bahas tentang apa saja yang perlu di siapkan oleh para mahasiswa jurusan arsitektur.

Perlengkapan menggambar 

Pertama adalah perlengkapan menggambar yang diantaranya ada sketchbook, pensil baik yang tebal maupun yang tipis, penggaris panjang pendek, segitiga, dan tidak kalah penting pensil warna.

Komputer atau Laptop

Kedua adalah Komputer atau laptop dengan spesifikasi yang mumpuni, jadi usahakan core i3 ke atas, karena kalian akan menggunakan laptop untuk menggambar baik dua dimensi maupun tiga dimensi.

Karena keberadaan laptop menjadi sangat penting, usahakan laptop selalu di rawat dengan baik.

Kemampuan Presentasi yang baik

Ketiga, kemampuan presentasi dan komunikasi dengan baik, hal ini sangat penting bagi seorang mahasiswa arsitek karena kalian akan dilatih untuk dapat menyampaikan ide dan gagasan sebuah desain kepada seorang klien.

Kemampuan Presentasi ada baiknya selalu kalian latih agar semakin lancar ketika menyampaikan sebuah konsep desain.

Referensi Arsitektur

Keempat referensi, baik berupa buku atau majalah arsitektur, pokoknya yang berhubungan dengan arsitektur, bangunan, dan kontruksi,

Karena seorang arsitek tidak hanya harus bisa menggambar saja, namun juga harus paham tentang teori dan prakteknya, yang mana ilmu itu bisa didapatkan dari membaca.

Mampu bekerja dengan Tim

Kelima, kemampuan untuk bekerja dalam sebuah kelompok, karena dalam sebuah proyek pembangunan pasti akan melibatkan orang lain yang paham dan ahli, misal ahli struktur, RAB, kelistrikan, hukum, dan sebagainya.

Jadi bagi para mahasiswa arsitektur, ada baiknya untuk tidak memikirkan semuanya sendiri.

Mengerti Material Bangunan

Keenam mempelajari dan harus mengerti material bangunan, karena hal ini akan berhubungan langsung dengan desain yang akan kalian kerjakan.

Keuntungan apabila paham tentang material bangunan adalah kalian dapat membuat sebuah desain yang lebih baik sesuai keadaan lingkungan.

Peka terhadap persoalan yang dihadapi

Dan yang tidak kalah penting untuk dimiliki oleh seorang mahasiswa arsitektur adalah "kepekaan" dalam sebuah permasalahan, karena kalian akan dituntut untuk dapat menemukan sebuah solusi dari permasalahan yang ada, baik dalam desain, lingkungan, dan masyarakat.

Itulah beberapa hal yang harus disiapkan dan dimiliki oleh seorang mahasiswa arsitektur, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP