Pembangunan Embung Mentawir yang akan Dukung IKN Sebagai Forest City

Berita pembangunan di Indonesia, kali ini ada berita terbaru dari IKN Nusantara. Pembangunan Embung Mentawir yang akan Dukung IKN Sebagai Forest City

Sesuai arahan Presiden Jokowi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan diawali dengan merehabilitasi hutan-hutan yang ada di sekitar kawasan yang bertujuan untuk mengembalikan identitas Kalimantan sebagai hutan tropis.

Pemerintah menyiapkan Pusat Persemaian Mentawir di Kab. Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur untuk penghijauan kawasan IKN yang nantinya akan memproduksi sekitar 15-20 juta bibit pohon. Untuk itu, Kementerian PUPR memberikan dukungan dengan membangun Embung Mentawir sebagai prasarana air baku untuk memenuhi kebutuhan air bagi bibit-bibit pohon tersebut yang ditargetkan selesai pembangunannnya pada akhir Januari 2023.

Pemanfaatan air baku ini bersumber dari embung yang berkapasitas tampung 160.000 m3 dan luas genangan 7,28 ha. Volume tampungan embung direncanakan mampu mendukung pemanfaatan pengambilan air berkapasitas 60 liter/detik.

Dokumentasi Foto

Berikut ini adalah Dokumentasi Foto terbaru dari Desain dan Kondisi Eksisting Embung Mentawir oleh Kementerian PUPR
Desain Embung Mentawir
Dokumen PUPR
Desain Embung Mentawir
Dokumen PUPR
Desain Embung Mentawir
Dokumen PUPR
Desain Embung Mentawir
Dokumen PUPR
Eksisting Embung Mentawir
Dokumen PUPR
Eksisting Embung Mentawir
Dokumen PUPR
Dibangun dengan kedalaman 2,5 m, embung ini memanfaatkan air Sungai Mandahan yang berlokasi di samping fasilitas persemaian selebar 5 m dengan kedalaman 0,5 m hingga 1 m dan debit 225 liter/detik.

Baca Juga