Penataan Kawasan Pantai Malalayang dan Ecotourism Village Bunaken Telah Selesai

Berita pembangunan di Indonesia, kali ini ada berita terbaru dari Kawasan Pantai Malalayang dan Ecotourism Village Bunaken di Sulawesi Utara. 

Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan Destinasi Super Prioritas (DPSP) Manado-Bitung-Likupang, di Sulawesi Utara, Kementerian PUPR telah menyelesaikan Penataan Kawasan Pantai Malalayang dan Ecotourism Village Bunaken.

Ruang lingkup penataan kawasan Pantai Malalayang meliputi Pedestrian (Public Beach Promenade) sepanjang 1,2 km untuk mempercantik wajah Kota Manado yang menghadap ke pantai. Selain itu terdapat Menara Pandang, Bangunan Warung Apung, Panggung Budaya, Warung Minum, Pier Salib, Dermaga Jetski serta Jalan Penghubung.

Pengembangan desain landmark eksisting pada Tugu Bobocha dan Pier Salib dilakukan untuk mendukung keindahan promenade dengan mengadaptasi kearifan lokal dari bentuk ikan raja laut. Area pedestrian yang sebelumya minim pencahayaan, kini tampak cantik dengan penataan cahaya yang apik

Selanjutnya untuk penataan Ecotourism Village Bunaken meliputi pembangunan Dermaga baru, Jalan Lingkungan, Gerbang Penanda, Street Furniture, serta Panggung Budaya yang dapat digunakan masyarakat setempat untuk melakukan berbagai kegiatan. Pembangunannya mengusung konsep Ecotourism Village agar nuansa perdesaan tetap terjaga, salah satunya dengan memberdayakan rumah warga setempat menjadi homestay dengan mempertahankan arsitektur khas Minahasa.

Dokumentasi Foto

Berikut ini adalah Dokumentasi Foto terbaru dari Kawasan Pantai Malalayang dan Ecotourism Village Bunaken oleh Kementerian PUPR
Foto Pantai Malalayang
Dokumen PUPR
Foto Pantai Malalayang
Dokumen PUPR
Foto Pantai Malalayang
Dokumen PUPR
Foto Pantai Malalayang
Dokumen PUPR
Foto Pantai Bunaken
Dokumen PUPR
Foto Pantai Bunaken
Dokumen PUPR
Foto Pantai Bunaken
Dokumen PUPR
Pantai Malalayang dan Bunaken artinya membenahi bentang alam dan perdesaan yang masih alami, namun tetap menjaga adat budaya warisan leluhur. Sehingga wisatawan yang datang akan memperoleh kesan dan pengalaman yang lengkap, yang tak sebatas keindahan alam tapi juga seni dan budaya yang khas Minahasa.

Baca Juga