Desain Toko Indomaret dengan Konsep Fasad "Folded"

Desain Toko Indomaret - Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa anda jadikan inspirasi.

Pada artikel ini kami bagikan Desain Toko Indomaret dengan Konsep Fasad "Folded" Karya Sayembara Arsitektur, yang dapat anda jadikan Referensi dan Inspirasi.

Konsep Fasad : "Folded"

Indomaret merupakan salah satu minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari, yang sedang berkembang dengan pesat. Hal ini terlihat, dengan banyaknya minimarket Indomaret yang tersebar di setiap titik strategis kota.

Dalam perkembangannya, minimarket tersebut dibangun di daerah komersil (ruko). Ruko memiliki kelebihan dan kekurangan. Disini saya mencoba mengatasi kekurangan tersebut, dimana peermasalahannya ruko memiliki bentuk muka/fasad bangunan yang seragam atau dapat dikatakan "Teratur". Nah, pada desain fasadnya yang akan memberikan beda pada bentuk fasadnya.

Konsep Interior

Sirkulasi pengguna pada bangunan komersil seperti minimarket menjadi hal yang penting. Disini saya memisahkan antara sirkulasi servis dan sirkulasi publik.

Selain itu, saya mencoba membagi zona berdasarkan perilaku pembeli :
  • Zona 1 : Area DVD dan Majalah, Area Minmuman, Area Ice Cream dan kopi, serta Toko/Dapur Roti.
  • Zona 2 : Area Produk dry food dan non Food
  • Zona 3 : Area produk-produk fresh (buah-buahan), sayuran, daging segar, dan berbagai olahan susu.
Untuk pilihan warna interior, saya menggunakan warna putih dan coklat dimana perpaduan antara kedua warna ini secara psikologis dapat memberikan kesan 'homy', sehingga dapat 'menghipnotis' pembeli untuk berlama-lama berbelanja di dalam toko.

Karya Sayembara Arsitektur

Desain Toko Indomaret
dengan Konsep Fasad "Folded"

  • Sayembara Desain Toko Indomaret Fresh
  • Team: 
    • Suria Wiyadi
  • Status : Competition Entry
Konsep Fasad "Folded"
Dokumen Sayembara
Denah, Tampak, dan Potongan
Dokumen Sayembara
Konsep Interior
Dokumen Sayembara
Konsep Ruang Luar dan Furniture
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Toko Indomaret dengan Konsep Fasad "Folded" karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang anda buat menjadi lebih baik.

Baca Juga