Desain Bangunan dan Tata Letak Instalasi Pengolahan Air (IPA)

Desain Instalasi Pengolahan Air - Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa anda jadikan inspirasi.

Pada artikel ini kami bagikan Desain Bangunan Tata Letak Instalasi Pengolahan Air (IPA) Karya Sayembara Arsitektur, yang dapat anda jadikan Referensi dan Inspirasi.

ISU DESAIN 

Pada masa lalu, sungai berperan sebagai sumber kehidupan dan sistem transportasi, sehingga menjadi cikal bakal berkembangnya suatu kota, serta memiliki view yang potensial. Akan tetapi, fenomena yang terjadi saat ini, sungai telah mengalamai degradasi kualitas dikarenakan sungai telah menjadi area 'belakang' dari suatu fungsi bangunan sehingga sungai identik sebagai area pembuangan, seperti sampah, air limbah baik skala rumah tangga ataupun pabrik yang langsung di buang ke sungai. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran dan wawasan masyarakat akan pentingnya peran sebuah sungai.

GAGASAN IDE DESAIN 

Public layering adalah gagasan ide desain dalam sayembara ini yang bertujuan untuk mengugah kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya peran sebuah sungai. Design parti-nya adalah menggabungkan antara fungsi sistem pengolahan air dengan ruang terbuka publik sebagai tempat berinteraksi sosial, sehingga desain dapat bebas diakses publik dan tidak mengganggu sistem pengolahan air.

Strategi Desain 

Adapun strategi desain yang dilakukan adalah :
1. Social space connection
Membuat perbedaan lapisan (layer) antara akses publik dan sistem pengolahan air, sehingga tapak dapat dengan bebas diakses publik.
2. Waste management
Selain mengolah air sungai, desain juga mencoba mengolah air hujan melalui konsep rain harvesting

Visi Desain

Adapun visi yang ingin dicapai dalam desain ini adalah :
  1. Sebagai generator aktivitas yang menjadi area publik yang dapat memberikan wawasan akan peran sbuah sungai dan bagaimana mengolah air
  2. Sebagai bentuk restorasi yang inovatif terhadap sungai dan mampu menjadi ikon baru
  3. Menciptakan view ke arah sungai yang akan memberikan penalaman yang berbeda.

Karya Sayembara Arsitektur

Desain Bangunan Tata Letak
Instalasi Pengolahan Air (IPA)

  • Sayembara Instalasi Pengolahan Air Kementrian PU
  • Team: 
    • Insyarah Ansafany
    • Suriya Wiyadi
  • Status : Competition Entry
Isu, Gagasan, Strategi, dan Lokasi Desain
Dokumen Sayembara
Konsep Perencanaan, Konsep Hijau
Dokumen Sayembara
Rencana Tapak Instalasi Pengolahan Air
Dokumen Sayembara
Ground plan dan Rencana Titik Bangunan IPA
Dokumen Sayembara
Tampak, Potongan, dan Perspektif suasana IPA
Dokumen Sayembara
Bird eye View dan Perspektif Suasana
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Bangunan Tata Letak Instalasi Pengolahan Air (IPA) karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang anda buat menjadi lebih baik.

Baca Juga