Perancangan Hotel Bisnis Bintang 4 di Slipi Jakarta Barat

Perancangan Hotel Bisnis Bintang 4 - Bagi Mahasiswa Arsitektur tentu membutuhkan Referensi saat mengerjakan Tugas Studio Perancangan. Pada artikel ini akan kami bagikan contoh Tugas Mahasiswa Arsitektur, agar hasil desain yang kamu buat menjadi lebih baik

Tugas Mahasiswa Arsitektur yang akan kami bagikan adalah Perancangan Hotel Bisnis Bintang 4 di Slipi Jakarta Barat, yang bisa kamu jadikan referensi.

Deskripsi Umum Proyek

Pemrakarsa 

Proyek hotel ini merupakan proyek fiktif, yang dilaksanakan atas dasar permintaan klien dari perusa- haan swasta oleh pengembang properti hotel di Jakarta dan melibatkan beberapa arsitek, konsultan, dan stakeholder lain yang berprofesi pada interior, lanskap, pencahayaan, listrik, dan plumbing. 

Lokasi Proyek 

Proyek hotel bisnis ini direncanakan untuk dibangun di sebuah lahan di Jalan Letjen S. Parman, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat. 

Luas dan Batasan Lahan Proyek 

Luas lahan proyek ini sekitar 9.380 meter persegi. Batasan-batasan pada lahan ini adalah Wisma Barito Pacific di sisi utara, Jalan Letjen S. Parman di sisi barat, sebuah lahan proyek di sisi selatan, dan Jalan Slipi 6 di sisi timur. 

Kondisi Lahan Tapak 

Lahan proyek merupakan lahan tanah urukan yang memiliki kontur relatif datar. Terdapat beberapa jenis vegetasi meliputi rerumputan, semak, dan pepohonan seperti trembesi, mangga, bugenvil, dan ketapang. Lahan ini dianggap kosong, dengan asumsi beberapa bangunan eksisting dipindahkan. 

Kondisi di Sekitar Luar Tapak 

Lahan ini dilewati oleh satu jalur jalan arteri selebar 10,5 meter dengan arah arus menuju ke selatan, yaitu Jalan Letjen S. Parman. Menurut Perda Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi, di sepanjang jalan ini merupakan kawasan komersial dengan kode zonasi K. 1 yaitu kawasan pusat perkantoran, perdagangan, dan jasa. 

Pada sisi timur lahan tapak, terdapat kawasan permukiman KDB sedang:tinggi dengan kode zonasi R. 4 dan dilewati oleh jalan lingkungan selebar 4 meter yaitu Jalan Slipi 6. Sepanjang jalan arteri terdapat Irotoar dengan lebar 3 meter dengan vegetasi pohon mahoni di sepanjang trotoar.

Fugnsi Utama Bangunan

Bangunan yang akan dirancang merupakan hotel bisnis bintang empat yang dapat mengakomodasi kebutuhan penginapan dan kebutuhan kegiaan bisnis bagi tamu, baik dalam maupun luar negeri. 

Selain menyediakan kamar bagi tamu, hotel juga dapat menyediakan fasilitas penunjang (Ballroom, function room, dan Conference Room dan fasilitas rekreasi (fitness center, SPA center, kolam renang, dan lounge) yang sesuai dengan kebutuhan tamu dan interest lingkungan sekitar.

Tugas Perancangan Arsitektur

Hotel Bisnis Bintang 4 di Slipi Jakarta Barat
Eficiency In Hospitality

  • Dibuat Oleh : Muhammad Bakam Maulana
  • Pembimbing : Dr. Ir Moch. Prasetyo Effendi Yasin, M.Arch., MAUD
  • Tugas : Laporan Perancangan Tugas Akhir Arsitektur
  • Kampus : Program Studi Arsitektur Institut Teknologi Bandung 
  • Source : issuu.com/bakam.maulana
Rencana Tapak
Tugas Arsitektur ITB
Tampak A
Tugas Arsitektur ITB
Tampak B
Tugas Arsitektur ITB
Tampak C
Tugas Arsitektur ITB
Tampak D
Tugas Arsitektur ITB
Perspektif Eksterior Mata Burung
Tugas Arsitektur ITB
Perspektif Eksterior Entrance, Drop Off, Area Parkir Bus
Tugas Arsitektur ITB
Perspektif eksterior Kolam Renang dan Ruang Santai
Tugas Arsitektur ITB
PErspektif Interior Lobby, Conference Room, Sky Lounge
Tugas Arsitektur ITB
Perspektif Interior Kamar Standar
Tugas Arsitektur ITB
Itulah Tugas Mahasiswa Jurusan Arsitektur, Perancangan Hotel Bisnis Bintang 4 di Slipi Jakarta Barat yang dapat kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga