Perancangan Infrastruktur Stadion untuk Ruang Terbuka Hijau di Kota Bogor

Perancangan Infrastruktur Stadion - Bagi Mahasiswa Arsitektur tentu membutuhkan Referensi saat mengerjakan Tugas Studio Perancangan. Pada artikel ini akan kami bagikan contoh Tugas Mahasiswa Arsitektur, agar hasil desain yang kamu buat menjadi lebih baik

Tugas Mahasiswa Arsitektur yang akan kami bagikan adalah Perancangan Infrastruktur Stadion untuk Ruang Terbuka Hijau di Kota Bogor, yang bisa kamu jadikan referensi.

Visi dan Tujuan Proyek

Rencana pembangunan infrastruktur stadion di Kawasan GOR Pajajaran yang terintegrasi dengan RTH ini memiliki beberapa tujuan. Tujuan utamanya adalah memaksimalkan lahan pertumbuhan infrastruktur stadion untuk kebutuhan RTH Kota Bogor dan mengintegrasikan RTH dengan kebutuhan pembangunan infrastruktur stadion. 

Tujuan lainnya adalah untuk membangun infrastruktur stadion yang dapat memenuhi kebutuhan lingkungan dan sosial, menciptakan bangunan yang ramah lingkungan, merancang bangunan dan kawasan yang memenuhi kebutuhan aktivitas dan taman warga, dan meningkatkan cakupan RTH Kota Bogor secara signifikan.

Visi dan Misi

Visi dan Misi dari pembangunan ini memiliki fokus pada isu kekurangan RTH Kota Bogor sebagai masalah utama dari perancangan stadion. Visi sebagai target capaian bangunan stadion saat perancangan adalah untuk menciptakan stadion yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dalam aspek ekologis dan sosial- budaya. 

Misi rencana pembangunan stadion adalah untuk meningkatkan jumlah RTH kota Bogor secara signifikan, mengintegrasikan infrastruktur stadion dengan RTH, menciptakan stadion yang ramah lingkungan, memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat Kota Bogor terhadap fasilitas umum, dan menciptakan lingkungan binaan RTH sebagai tempat rekreasi yang mengekspresikan budaya lokal daerah sekitar.

Lokasi Tapak

Proyek perancangan berlokasi di stadion eksisting, Stadion GOR Pajajaran Kota Bogor, dengan alamat di Jalan Pemuda no. 4, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Tapak dikelilingi oleh Jalan Pemuda, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Kesehatan. 

Bagian utara tapak terdapat perumahan, dan beberapa bangunan pemerintah, bagian timur tapak terdapat perumahan, daerah perdagangan dan jasa, serta pabrik tekstil. Bagian selatan tapak berbatasan dengan beberapa bangunan rumah. Dan bagian barat tapak berbatasan dengan pabrik ban dan daerah perdagangan dan jasa.
  • Luas : 81.150 m2 (81,15 ha) 
  • KDB : 50% : 40.575 m2
  • KLB : 3,5 : 284.025 m2
  • GSB : 9 meter
  • KDH : 15% : 12.172,5 m2
  • KTB : 65% : 184.616,25 m2
  • Ketinggian Bangunan Maksimum : 20 Meter

Tugas Perancangan Arsitektur

Menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Bogor :
Integrasi Stadion dengan RTH pada Kawasan GOR Pajajaran, Bogor
2020/2021

  • Dibuat Oleh : Deva Dwirangga
  • Tugas : Laporan Perancangan Tugas Akhir Arsitektur
  • Kampus : Program Studi Arsitektur Institut Teknologi Bandung 
  • Source : issuu.com/devadwirangga
Rencana Tapak
Tugas Arsitektur ITB
Tampak Depan, Tampak Kanan Tapak, dan Tampak Kanan Stadion
Tugas Arsitektur ITB
Tampak Belakang dan Kiri
Tugas Arsitektur ITB
Potongan Perspektif
Tugas Arsitektur ITB
Konsep Cascading Roof Pada Ramp Timur
Tugas Arsitektur ITB
Isometri Bangunan
Tugas Arsitektur ITB
Perspektif Interior dan Eksterior
Tugas Arsitektur ITB
Perspektif Interior dan Eksterior
Tugas Arsitektur ITB
Perspektif Interior dan Eksterior
Tugas Arsitektur ITB
Perspektif Interior dan Eksterior
Tugas Arsitektur ITB
Itulah Tugas Mahasiswa Jurusan Arsitektur, Perancangan Infrastruktur Stadion untuk Ruang Terbuka Hijau di Kota Bogor yang dapat kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga