Desain Rumah di Daerah Rawan Banjir Dengan Konsep Industrial

Desain Rumah Daerah Rawan Banjir - Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa anda jadikan inspirasi.

Pada artikel ini kami bagikan Desain Rumah Daerah Rawan Banjir Dengan Konsep Industrial & Eco-Hydrophilic Karya Sayembara Arsitektur, yang dapat anda jadikan Referensi dan Inspirasi.

Industrial & Eco-Hydrophilic 

Industrial & Eco-Hydrophilic house adalah sebuah rumah tinggal 2 lantai yang dirancang untuk daerah atau lingkungan rawan bencana banjir. Inti dari konsep ini adalah membuat sebuah bangunan yang bersahabat dngan berbagai cuaca dan bencana banjir dengan cara menyatu dengan lingkungan sekitar, banyak menyediakan lahan terbuka, membiarkan cahaya dan angin masuk kedalam bangunan, minim penggunaan listrik dan banyak menggunakan material unfinish pada bangunan. 

Rumah ini menggunakan gaya industrial pada beberapa bagian eksterior dan interior untuk memberikan kesan hangat, kokoh, dan saling berhubungan dengan konsep Eco-Hydrophilic.

Konsep Perancangan 

Industrial & Eco-Hydrophilic 
Desain rumah panggung untuk menciptakan ruang kosong di bawah bangunan yang di si oleh genangan air ketika banjir, hal ini membuat semakin banyaknya lahan kosong sehingga dapat meminimalisir bencana banjir.

Pemilihan Material tahan air dan minim perawatan pada daerah rawan banjir, pemilihan material yang tahan terhadap berbagai cuaca sangatlah penting dengan pertimbangan bangunan akan sering terendam genangan air banjir dan disisi lain juga akan menghadapi musim kemarau atau cuaca yang panas.

Penggunaan Atap Dak dengan pertimbangan sebagai tempat evakuasi jika terjadi bencana yang tidak di inginkan, seperti ketinggian banjir yang bisa saja mencapai lantai 2.

Area Resapan yang Luasan untuk meminimalisir bencana banjir

Sirkulasi Udara dan Cahaya yang baik untuk meminimalisir penggunaan listrik

Vegetasi pada secondary skin agar cahaya matahari tidak berlebihan masuk ke dalam bangunan dan suhu menjadi lebih sejuk.

Karya Sayembara Arsitektur

Industrial & Eco-Hydrophilic 

  • Sayembara : ACSENT 2021
  • Tanggal : 10 Maret 2021 - 30 Mei 2021
  • Desainer : Alessandro Psw
Panel 1
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Rumah Daerah Rawan Banjir Dengan Konsep Industrial & Eco-Hydrophilic karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang anda buat menjadi lebih baik.