Desain Bangunan Pusat Seni dan Budaya Jawa Barat

Desain  Pusat Seni dan Budaya - Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa anda jadikan inspirasi.

Pada artikel ini kami bagikan Desain Bangunan Pusat Seni dan Budaya Jawa Barat Karya Sayembara Arsitektur, yang dapat anda jadikan Referensi dan Inspirasi.

Konsep Desain

Arsitektur dari bangunan WJACC terinspirasi dari berbagai haisl karya yang kerap menjadi simbol kesenian khas Jawa Barat. Massa bangunan dengan proporsi kemiringan yang diadaptasi dari atap Sunda dan susunan alat musik Ankglung, dengan karakter fasad yang diperoleh dari irisan siluet kujang dan disusun berundak-undak sehingga merepresentasikan lansekap terasering khas Sunda.

Ekspresi kintetik yang terasa pada fasad bangunan, dimana gelombang kulit bangunan yang bergerak dari bawah keatas bangunan, melambangkan gerakan tari-tarian Sunda yang Dinamis.

Theater utama mengambil bentuk boboko (tempat nasi yang terbuat dari bambu), melambangkan harapan akan kesenian Jawa Barat yang sejahtera dan mendunia.

Pada bagian atap bangunan, terdapat saung dengan bentuk transformasi dari atap Julang Ngapak, sebagai ekspresi saung diatas alam tatar Sunda

Green Building

Bangunan menerapkan pendekatan ramah lingkungan dengan orientasi bukaan sisi Utara - Selatan pada desain. Sisi fasad utama yang menghadap Barat menggunakan sirip-sirip horizontal sebagai shading sekaligus sebagai statement yang memperkuat konsep bangunan (terasering tatar Sunda dan siluet Kujang).

Karya Sayembara Arsitektur

Gedung Pusat Seni dan Budaya Jawa Barat
West Java Art Cultural Centre (WJACC)

  • Konse Desain : "Community Driven, Inclusive and Focus on Creating Inspiring, and Sociable Destination"
  • Tanggal : May 2017
  • Status : 2nd Place Winner Competition
  • Team :
    • Akbar Hantar, IAI 
    • Agie Aditama, IAI
    • Nurseto Nugroho, IAI
    • Cherya Mayndra, ST,. MSc
Latar Belakang dan Konsep Desain
Dokumen Sayembara
Zoning dan Sirkulasi
Dokumen Sayembara
Basement dan Siteplan
Dokumen Sayembara
Denah dan Perspektif Barat
Dokumen Sayembara
Tampak dan Perspektif Timur
Dokumen Sayembara
Gambar Potongan
Dokumen Sayembara
Perspektif Interior
Dokumen Sayembara
Perspketif Bird Eye Selatan
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Bangunan Pusat Seni dan Budaya Jawa Barat karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang anda buat menjadi lebih baik.