Desain Mixed-Use Building dengan Konsep Walkable Neighbourhood

Desain Mixed-Use Building - Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa anda jadikan inspirasi.

Pada artikel ini kami bagikan Desain Mixed-Use Building dengan Konsep Walkable Neighbourhood Karya Sayembara Arsitektur, yang dapat anda jadikan Referensi dan Inspirasi.

Latar Belakang Konsep

Urban Sprawl merupakan permasalahan utama di kota-kota besar. Kepadatan dan tata kota yang berantakan membuat kota Jakarta menjadi kurang nyaman bagi penduduknya. Pembangunan kawasan Mixed-Use merupakan salah satu solusi untuk menjadikan Jakarta kota yang layak huni. 

Kawasan Jatinegara merupakan kawasan yang memiliki potensi besar untuk dijadikan percontohan kawasan Mixed-Use. Jatinegara sebagai simpul transportasi dan komersial memiliki potensi pengembangan lingkungan permukiman bagi masyarakat modern yang memiliki mobilitas tinggi. Hal inilah yang kemudian memunculkan konsep "Walkable Mixed-Use Neighbourhood".

Walkable Mixed-Use Neighbourhood memiliki konsep utama kemudahan dan kenyamanan pejalan kaki maupun pengunjung dan penghuni pada kawasan ini. Walkable Neighbourhood menempatkan dan menghubungkan setiap fitur di dalam maupun di lingkungan sekitarnya sehingga berada dalam walking distance. 

Selain itu, banyaknya penghijauan di kawasan ini membuat pejalan kaki akan merasa nyaman. Dengan demikian konsep "Walkable Mixed-Use Neighbourhood" ini dapat meningkatkan potensi wilayah Jatinegara serta memudahkan aktifitas penduduk setempat.

Karya Sayembara Arsitektur

Desain Mixed-Use Building

  • Judul Desain : “Re-humanizing Jatinegara : Walkable Mixed-Use Neighbourhood”
  • Sayembara : sayembara TKI-MAI  (Temu Karya Ilmiah- Mahasiswa Arsitektur se Indonesia) ke-33 yang mengangkat tema Transit Oriented Development & Mixed Used Building.
  • Status : Juara 1
  • Team Arsitektur ITB : 
    • Stella Mariss (15214028), 
    • Taufiq Samadyadi (15214031), dan 
    • Jovani Debora (15214079)
Panel 1
Dokumen Sayembara
Panel 2
Dokumen Sayembara
Panel 3
Dokumen Sayembara
Panel 4
Dokumen Sayembara
Panel 5
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Mixed-Use Building dengan Konsep Walkable Neighbourhood karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang anda buat menjadi lebih baik.