Desain Rusun Dengan Konsep Poros Interaksi Karya Sayembara Arsitektur

Desain Rumah Susun- Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa anda jadikan inspirasi.

Pada artikel ini kami bagikan Desain Rusun Dengan Konsep Poros Interaksi Karya Sayembara Arsitektur, yang dapat anda jadikan Referensi dan Inspirasi.

Konsep Desain

Sebagai sebuah area yang terletak di kawasan wisata Kota Tua dan wisata bahari, area Rusun Kampung Tongkol ini memiliki unsur sejarah dan budaya yang sangat kuat. Identitas kawasan sebagai area wisata bahari dan keberadaan pelabuhan barang kargo memberikan potensi yang sangat banyak untuk perekonomian, kesejahteraan, dan keberlangsungan hidup masyarakat kampung Tongkol. 

Daya tarik inilah yang membuat masyarakat kampung tongkol datang bermigrasi dari berbagai wilayah dan membawa budaya mereka masing-masing. Budaya-budaya ini terakulturasi sehingga membentuk sebuah budaya atau habit yang baru. 

POROS INTERAKSI merupakan ruang-ruang yang diciptakan untuk mengakomodasi budaya masyarakat kampung Tongkol yang suka bersosialisasi dengan penduduk dari kampung sekitarnya. Ruang-ruang ini terhubung satu sama lain untuk menciptakan kemungkinan interaksi yang lebih besar. Setiap poros interaksi ini berorientasi dan berhubungan dengan waterfront dan juga titik-titik social entries. Poros interaksi yang dinamis dan beragam terbentuk dari massa bangunan yang dipotong dan dimiringkan berdasarkan analisa climate. 

Bentuk dasar massa bangunan yang digunakan adalah kotak persegi panjang untuk mencapai efisiensi jumlah dan luas unit, serta untuk menciptakan pola struktur yang sederhana. Struktur yang adaptif, bentuk bangunan yang pilotis terhadap sisi sungai serta pengangkatan level ground floor adalah salah satu cara adaptasi bangunan terhadap kenaikan air laut akibat pemanasan global. 

AREA PUBLIK YANG DINAMIS ditempatkan di bagian lantai dasar bangunan, ruang - ruang akibat pada lantai hunian, serta atap bangunan yang juga digunakan sebagai area urban farming dan bersosialisasi. Bentuk yang dinamis adalah respon terhadap pola budaya masyarakat serta respon terhadap identitas kawasan sebagai area wisata bahari. 

BANGUNAN HUNIAN SEHAT, adalah respon terhadap isu arsitektur post pandemic. Void di antara unit rusun memungkinkan udara segar masuk secara horizontal dan udara panas keluar melalui atap. void ini juga dapat memasukkan cahaya matahari secara vertikal hingga ke unit dasar, sehingga di koridor bisa ditanami tanaman yang dapat membersihkan udara.

Karya Sayembara Arsitektur

Desain Rumah Susun
dengan Konsep Poros Interasksi 

Entry Competition
Name : Social Housing, Jakarta
Tanggal : 05 Oct 2021
Mentor : Bpk. Budi Pradono
Team : 
  • Sri Rendra
  • Amel
  • Ivy
  • Ronika
Konsep Desain Rusun
Dokumen Sayembara
Site Plan dan Block Plan
Dokumen Sayembara
Denah Rusun
Dokumen Sayembara
Tampak dan Potongan Rusun
Dokumen Sayembara
erspektif Eksterior Rusun
Dokumen Sayembara
Perspektif Interior Rusun
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Rusun Dengan Konsep Poros Interaksi karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang anda buat menjadi lebih baik.

Dukung Arsimedia untuk terus menyajikan informasi seputar Arsitektur dan Bangunan kepada anda.

Donasi via Sociabuzz