Desain Rumah Joglo Kasongan Karya Sayembara Arsitektur

Desain Rumah Joglo - Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa anda jadikan inspirasi.

Pada artikel ini kami bagikan Desain Rumah Joglo Kasongan Karya Sayembara Arsitektur, yang dapat anda jadikan Referensi dan Inspirasi.

KONSEP RANCANGAN 

OMAH JOGLO KASONGAN ini tak hanya menjadi sebuah fasilitas pendukung untuk desa kasongan tapi merupakan sebuah wadah pengenalan budaya. Bentuk pengenalan budaya secara fisik berupa bentuk dari transformasi joglo dan rumah tradisional desa serta secara nonfisik berupa atmosfir rumah dan pengalaman ruang yang ada pada rumah khas joglo. 

Penggunaan material lokal juga diterapkan dalam desain, mengingat fungsinya sebagai jasa penginapan maka perlu memikirkan besar budgetnya. Salah satu solusinya dengan menggunakan material lokal yang cenderung lebih murah dan akan menekankan lagi konsep perdesaan dan ke okalitasannya.

“wadah pengenalan budaya” 
Desain rumah ini memiliki 2 fungsi utama yang pertama sebagai fasilitas pendukung desa wisata Kasongan dan sebagai wadah pengenalan budaya. Harapannya setelah wisatawan tinggal dirumah penginapan ini mereka bisa tau bentuk dan tatanan rumah joglo seperti apa dan bahkan bisa tau adat perilaku orang jawa ketika sedang berada dirumah. 

Dengan demikian kebudayaan jogja akan dikenal dengan mudah karena wisatawan langsung berperan sebagai pelaku budaya ketika mereka tinggal di penginapan ini.

Karya Sayembara Arsitektur

Desain Rumah Joglo Kasongan
Architecture Grand Festival, International Student House Competition

  • Status : Entry
  • Team : 
    • Eka Montana Nugroho
    • M Surya P
Masalah, Ide Pemecahan, dan Konsep Rancangan
Dokumen Sayembara
Tampak Depan dan Lokasi Site
Dokumen Sayembara
Potongan Bangunan dan Konsep Gubahan
Dokumen Sayembara
Keterangan Penggunaan Material
Dokumen Sayembara
Siteplan dan Konsep Program Ruang
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Rumah Joglo Kasongan karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang anda buat menjadi lebih baik.