Desain Perpustakaan dengan Konsep Multy-Element Micro Library

Desain Bangunan Perpustakaan - Saat seorang Arsitek membuat sebuah Desain, tentu membutuhkan banyak inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal, karena hasil desain seorang arsitek seringkali juga terinspirasi dari desain yang sudah ada.

Bagi kamu seorang arsitek yang sedang mencari inspirasi Desain Karya Sayembara
Berikut ini kami bagikan Desain Perpustakaan dengan Konsep Multy-Element Micro Library karya Sayembara Arsitektur, yang dapat kamu jadikan Inspirasi.

Latar Belakang :

Site terletak dikampung Kali Code, Jetis, Yogyakarta. Sebagai kampung urban yang terkenal dengan komunitas anak-anaknya, kampung ini masih memiliki banyak kendala dalam pemberdayaan kaum anak- anak tersebut. Terbukti dari sedikitnya sarana dan fasilitas pendidikan dikampung ini. 

Untuk itu desain mengangkat fungsi perpustakaan mini sebagai respon terhadap isu. Perpustakaan ini memiliki ukuran yang terbilang kecil , akibat dari site yang sempit . Ukuran site yang sempit justru menjadi tantangan didalam desain. 

Dimana dalam proses desain, efisiensi dan efektifitas ruang dan bangunan sangat diperhatikan. Bagaimana ruang - ruang didalam dan diluar perpustakaan mini ini tidak terkesan sempit, fungsional dan memiliki ciri khas tersendiri.

Untuk mencapai ke efektifitas dan efisiensi ruang tersebut penerapan konsep multifungsi menjadi penting pada kasus ini. Bagaimana komponen utama bangunan dapat berfungsi ganda, namun tetap memiliki kekuatan dan keindahan. 

Komponen utama bangunan seperti dinding, lantai, dapat difungsikan sebagai elemen pendukung fungsi perpustakaan, seperti rak , dsb. Tentunya, dengan pemilihan jenis material , sistem pemasangan dan kekuatan bahan yang tepat adalah kunci dan menjadi hal utama yang diperhatikan pada desain.

Karya Sayembara Arsitektur

Micro Library - Nusaboard Application Product

  • Konsep : Multy-Element Micro Library
  • Status: 4th WINNER
  • Individual competition
  • Desain oleh : Eka Prasidhanta

Latar Belakang, Denah, Tampak, dan Potongan
Dokumen Sayembara
Konsep Desain dan Detail Aplikasi Material
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Perpustakaan dengan Konsep Multy-Element Micro Library karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang kamu buat menjadi yang terbaik.
Sumber : coroflot.com/EkaPrasidhanta
Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP