Desain Guest House + Gallery dengan Konsep "Regenerate The Takpala"

Desain Guest House + Gallery - Saat seorang Arsitek membuat sebuah Desain, tentu membutuhkan banyak inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal, karena hasil desain seorang arsitek seringkali juga terinspirasi dari desain yang sudah ada.

Bagi kamu seorang arsitek yang sedang mencari inspirasi Desain Karya Sayembara
Berikut ini kami bagikan Desain Guest House + Gallery dengan Konsep "Regenerate The Takpala" karya Sayembara Arsitektur, yang dapat kamu jadikan Inspirasi.

Regenerate The Takpala

guest house + gallery

“Mengangkat lokalitas arsitektur Rumah Adat Takpala ke dalam fungsi guest house dan galeri yang kontemporer, responsif, dan kontekstual sebagai sebuah Pesen sementara menuju Desa Wisata Takpala, Alor, Nusa Tenggara Timur.”

PROLOG.

«.. Arsitektur Nusantara memang bukan arsitektur tradisional, walaupun keduanya menunjuk pada sosok arsitektur yang sama yaitu arsitektur yang ditumbuh kembangkan oleh demikian banyak anak-bangsa atau suku-bangsa di Indonesia. Arsitektur Nusantara dibangun sebagai sebuah pengetahuan yang dilandaskan dan dipangkalkan dari filsafat, ilmu dan pengetahuan arsitektur.”
- Prof. Josef Prijotomo (2002)

IDEA & PURPOSE.

Meletakkan arsitektur nusantara sebagai identitas bangsa adalah keharusan, tapi juga jangan 'mempersempit' pemahaman arsitektur nusantara sebagai reimage arsitektur masa lalu, atau pengulangan romantisme belaka. 

Arsitektur nusantara diletakkan sebagai sebuah pemikiran responsif terhadap kondisi real yang khas/unik yang terjadi di Indonesia. Konteks tempat, yang menyangkut juga masalah sosial budaya, serta juga masalah terkini, adalah faktor-faktor yang penting dalam arsitektur nusantara.

Kesimpulan ide yang diangkat adalah bagaimana menciptakan rancangan vernakular baru dalam konteks ini adalah guest house dan galeri dengan penerapan 3 aspek utama yang menjadi tujuan akhir rancangan, yaitu 
  1. Kontemporer (kekinian), 
  2. Responsif, dan 
  3. Kontekstual 
Sehingga 3 hal ini menjadi acuan bagaimana rancangan dapat terbentuk. Dalam hal ini subyek rancangan adalah budayawan dan kolektor sebagai owner galeri dan guest house dimana galeri menyajikan koleksi karya seniman-seniman.


Karya Sayembara Arsitektur

Architecture Grand Festival (AGF) 2016 International Student Housing Competition
Interpret and Build Indonesian Culture Value

  • Konsep : Regenerate The Takpala
  • Status: Competition Entry
  • Team : 
    • Rifky Muhammad Ramadhan
    • Muhammad Ade Setiawan Bakri
    • Michael Theodore Boentoro
    • Christopher Bahana

Latar Belakang dan Lokasi Site
Dokumen Sayembara
Konsep Desain
Dokumen Sayembara
Gambar Denah dan Tampak
Dokumen Sayembara
Gambar Potongan dan Material
Dokumen Sayembara
Perspektif Interior dan Eksterior
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Guest House + Gallery dengan Konsep "Regenerate The Takpala" karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang kamu buat menjadi yang terbaik.
Sumber : coroflot.com/christopherbana
Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP