Desain Rumah Batik dengan Konsep Tropical Indonesian House

Desain Rumah Batik - Saat seorang Arsitek membuat sebuah Desain, tentu membutuhkan banyak inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal, karena hasil desain seorang arsitek seringkali juga terinspirasi dari desain yang sudah ada.

Bagi kamu seorang arsitek yang sedang mencari inspirasi Desain Karya Sayembara
Berikut ini kami bagikan Desain Rumah Batik dengan Konsep Tropical Indonesian House karya Sayembara Arsitektur, yang dapat kamu jadikan Inspirasi.

LATAR BELAKANG

Ketersediaan lahan terbuka pada hunian merupakan suatu kemewahan pada saat ini, dikarenakan padatnya lahan perumahan didaerah perkotaan. Selain itu kerusakan alam yang mulai parah harus mulai ditanggapi secara serius. 

Dari 2 isu penting tersebut hunian ini didesain. Pada lahan yang tidak terlalu besar ini, bangunan ini didesain untuk dapat menyediakan ruang terbuka hijau yang dapat menyatu dengan ruang dalam hunian.

Selain itu bangunan ini didesain sebagai bangunan tanggap lingkungan. Mulai dari orientasi bangunan yang memanjang dari barat ke timur sehingga panas matahari tidak masuk secara berlebihan namun hanya cahaya lami secukupnya yang masuk ke bangunan sehingga menghemat listrik untuk penerangan. 

Keberadaan taman terbuka didepan, tengah dan belakang serta disediakannya bukaan-bukaan lebar pada tiap ruang mendukung terciptanya aliran udara alami sehingga menghemat penggunaan ac. Hunian ini didesain menggunakan photovoltaic ,sebuah teknologi ramah lingkungan untuk menghasilkan energi listrik yang dapat digunakan untuk penerangan. 

Untuk pemenuhan sebagian air bersih, bangunan didesain menggunakan sistem pengumpul air hujan dari atap ( rainwater harvesting) yang kemudian di filter sebelum digunakan. Untuk menjaga kelestarian air tanah, air hujan yang jatuh ke tanah dibiarkan meresap ke dalam tanah, hanya yang jatuh ke atap relatif lebih bersih) yang dikumpulkan untuk sistem rainwater harvesting.

Filosofi

Secara umum bentuk bangunan ini mengadopsi bentuk bangunan masa kini yang cenderung simple dan fungsional namun dipadukan dengan bentuk tradisional yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kondisi saat ini, bentuk atap menggunakan bentuk atap patah yang sering kita temui pada rumah-rumah tradisional indonesia. 

Pada bagian fasade, juga digunakan kisi2 penahan sinar matahari yang mengadopsi bentuk batik yang merupakan karya seni khas indonesia.

Pada akhirnya diharapkan desain hunian ini dapat menjadi suatu contoh desain hunian tropis khas indonesia yang nyaman, namun tetap tanggap lingkungan dan tidak melupakan akar kebudayaan dimana hunian ini berdiri


Karya Sayembara Arsitektur

Batik House - Arbbi Design Award 2011

  • Konsep : Tropical Indonesian House
  • Desain oleh : Sianne Juliana
Perspektif Eksterior
Dokumen Sayembara
Perspektif Interior
Dokumen Sayembara
Filosofi Bangunan
Dokumen Sayembara
Konsep Bangunan dan Denah
Dokumen Sayembara
Tampak dan Potongan Bangunan
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Rumah Batik dengan Konsep Tropical Indonesian House karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang kamu buat menjadi yang terbaik.
Sumber : coroflot.com/siannejuliana_spacelab
Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP