Desain Shelter untuk pendaki gunung, dalam konteks alam dan lokalitas

Desain Shelter pendaki gunung - Saat seorang Arsitek membuat sebuah Desain, tentu membutuhkan banyak inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal, karena hasil desain seorang arsitek seringkali juga terinspirasi dari desain yang sudah ada.

Bagi kamu seorang arsitek yang sedang mencari inspirasi Desain Karya Sayembara
Berikut ini kami bagikan Desain Shelter untuk pendaki gunung, dalam konteks alam dan lokalitas karya Sayembara Arsitektur, yang dapat kamu jadikan Inspirasi.

LATAR BELAKANG

Dewasa ini, mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh seluruh kalangan. Namun kegiatan mendaki ini tidak selaras dengan peningkatan sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan Pendakian Gunung. Pengelolaan Sarana dan Prasarana Gunung di Indonesia cenderung kurang dikelola dengan baik. 

Salah satu sarana penunjang yang kurang diperhatikan adalah Fasilitas Shelter dan juga Fasilitas Toilet bagi Pendaki. Padahal dua sarana ini merupakan sarana yang sangat krusial dan sangat dibutuhkan oleh pendaki Gunung. Oleh karenanya, dua sarana ini sangat penting untuk dikembangkan agar kegiatan pendakian gunung lebih nyaman untuk pendaki

LOKASI PERANCANGAN

Lokasi perancangan untuk Shelter ini berada diTaman Nasional Gunung Gede Pangrango. Gunung ini merupakan salah satu kawasan lindung di Jawa Barat yang cukup terkenal di kalangan Pendaki. Gunung ini beserta taman nasionalnya telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir pada tahun 1977. 

Gunung ini sendiri memilki rute pendakian tersendiri, juga sudah ditentukan Area Shelternya. Oleh karenanya, penempatan shelter akan diletakkan berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Karya Sayembara Arsitektur

Sayembara Desain Shelter Kemenpar 2018

  • Konsep : Shalter berbasis alam dan lokalitas
  • Desain oleh : 
    • Rama Idfi Fernanda
    • M.Dio Rifqi P.W
Latar Belakang dan Konsep Desain
Dokumen Sayembara
Transformasi Massa dan Konsep Bangunan
Dokumen Sayembara
Diagram Material
Dokumen Sayembara
Perspektif dan Detail Atap
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Shelter untuk pendaki gunung, dalam konteks alam dan lokalitas karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang kamu buat menjadi yang terbaik.
Sumber : coroflot.com/mdiorifqi
Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP