Konsep Desain Modern Green Building Bangunan Kampus UIII

Berita tentang Pembangunan Indonesia, kali ini ada informasi terbaru yaitu pembangunan pada Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), yang rencananya akan selesai pada Akhir Tahun 2020.

Kampus UIII akan di bangun dengan menggunakan Konsep Modern Green Building (hijau dan modern), yang mana konsep ini sangat cocok untuk bangunan Pendidikan karena akan menghadirkan suasana yang baru dan segar untuk belajar.

Informasi Pembangunan Kampus UIII

Kampus dibangun di atas lahan seluas 142,5 hektar, Wakil Presiden Kabinet Kerja (2014-2019) Jusuf Kalla mengatakan, Kampus UIII ini sebagian sudah selesai, tahap demi tahap sesuai dengan rencana," Insya Allah ini akan menjadi kampus yang indah, hijau, dan terdapat beberapa danau untuk menampung air," katanya.

Menurutnya, kampus ini akan memanfaatkan lebih dari 20 persen dari total luas komplek untuk bangunan gedung, selebihnya 80% akan dipertahankan sebagai ruang terbuka hijau berupa taman.

"Nantinya, kampus ini dibangun dengan konsep modern dan inklusif karena 50 persen adalah mahasiswa asing (internasional), dan 50 persen lagi dari Indonesia (nasional)," tambahnya.

Pembangunan dilaksanakan dalam 2 tahap dengan biaya Rp 1,2 triliun. Tahap I dikerjakan oleh Kementerian Agama RI, sedangkan untuk Tahap II dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan lingkup.

Desain Bangunan Kampus UIII

Bagi anda yang penasaran dengan desain dari Kampus UIII, yang akan dibangun menggunakan konsep Hijau dan Modern, bisa melihat gambar dibawah ini.

1. Perspektif Bangunan Perpustakaan

Dokumen PUPR
Gambar di atas merupakan desain dari bangunan perpustakaan Kampus UIII.
Dibuat dengan dominan warna putih yang di beri aksen garis-garis vertikal, dan apabila di lihat dari bentuknya, bangunan ini menurut saya juga menggunakan pendekatan bentuk massa dari gaya arsitektur Kontemporer.

Pendekatan konsep green building juga nampak jelas dengan adanya Roof Garden, yang nampaknya dapat di akses dari lantai atas bangunan tersebut.


2. Perspektif Desain Masjid Kampus UIII

Dokumen PUPR
Gambar di atas merupakan desain dari bangunan Masjid Kampus UIII.
Masih sama dengan Bangunan Perpustakaan, bangunan Masjid ini juga menggunakan dominan Warna putih yang dibalut dengan garis-garis hitam yang merupakan ventilasi dari masjid tersebut.

Itulah informasi  tentang pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia, bangunan kampus yang menggunakan konsep Modern Green Building (hijau dan modern).
Bagaimana menurutmu, apakah ada saran atau masukan terkait Desain dari Bangunan ini?.

Baca Juga