Penerapan Konsep Desain Klasik Modern Pada Bangunan Rumah

Konsep Desain Arsitektur Klasik Modern menurut saya adalah salah satu warna baru, yang dapat memberikan variasi diantara banyaknya bangunan rumah dengan konsep Modern dan Minimalis.

Konsep ini akan memberikan kesan yang lebih elegan dari segi tampilan maupun nuansa dalam rumah. Bagi anda yang penasaran tentang Konsep Klasik Modern, simak penjelasannya berikut ini.

Penjelasan Konsep Desain Klasik Modern

Konsep Desain arsitektur Klasik Modern merupakan penerapan gaya arsitektur Klasik yang diberikan Nuansa Modern, untuk lebih memahami tentang konsep ini, mari kita simak penyataan dari salah seorang desain interior Rina Renvile berikut ini:

“Dari masa ke masa gaya klasik selalu memiliki tempat tersendiri. Terlebih lagi saat ini gaya klasik tidak ditampilkan dengan sesuatu yang kuno melainkan diberi sentuhan modern. Hal ini bisa dilihat dari sentuhan warna yang sudah mulai berani memainkan gaya warna lembut, seperti ungu dan abu-abu,”

Karena Konsep ini adalah perpaduan antara gaya arsitektur Klasik dan Modern, penting juga untuk anda ketahui ciri-ciri dari kedua gaya arsitektur tersebut

Ciri-ciri Arsitektur Klasik

  • Memiliki banyak sekali ornamen atau hiasan hampir di setiap sudut bangunan.
  • Penggunaan kolom dan balok sebagai elemen utama.
  • Berupa bangunan yang besar dan megah.
  • Memanfaatkan efek distorsi mata untuk menciptakan kemegahan dan keindahan bangunan utamanya.
  • Bahan utama diambil dari alam.

Ciri-Ciri Arsitektur Modern

  • Merupakan suatu arsitektur yang dapat menembus budaya dan geografis
  • Berupa khayalan, idealis
  • Bentuk mengikuti fungsi
  • Semakin Sederhana merupakan suatu nilai tambah terhadap arsitektur modern
  • Penambahan Ornamen merupakan suatu hal yang tidak efisien. Karena dianggap tidak memiliki fungsi, hal ini disebabkan karena dibutuhkan kecepatan dalam mebangun setelah berkhinya perang dunia II
  • Arsitektur Modern tidak memiliki suatu ciri individu dari arsitek, sehingga tidak dapat dibedakan antara arsitek yang satu dengan yang lainnya (seragam)
  • Penekanan perancangan pada space, maka desain menjadi polos, simple, serta bidang-bidang kaca yang lebar. 

Penerapan Konsep Desain Klasik Modern 

Untuk dapat menerapkan konsep desain Klasik modern, seorang arsitek tentu harus melihat bebrapa referensi desain dengan konsep tersebut. Berikut adalah contoh penerapan Konsep Desain Arsitektur Klasik modern pada bangunan rumah tinggal.

1. Pada Eksteiror Rumah 

Gambar: arsitag.com studio emperio architect
Dari Contoh Desain diatas dapat kita lihat nuansa klasik yang kental, namun apabila dibandingkan dengan gaya arsitektur klasik, desain rumah tersebut tidak menggunakan kolom yang terlalu menonjol, penggunaan kolom hanya sampai sebatas balkon.

Dari segi penggunaan ornamen, rumah tersebut terlihat lebih minimal dan tidak terlalu rumit, sehingga kesan klasik masih ada namun tetap dibarengi dengan nuansa modern yang kekinian.

2. Pada Interior Ruang Keluarga

Gambar: Charis Homes
Dari contoh gambar di atas dapat kita lihat pemilihan warna yang dominan putih dan penggunan furniture yang terkesan klasik. 

Namun coba perhatikan penggunaan kaca pada jendela yang sengaja di buat lebar, nah dari situlah dapat kita ketahui kesan Klasik Modern pada desain tersebut. 

Itulah penjelasan tentang konsep desain arsitektur klasik modern, serta penerapannya pada bangunan rumah tinggal.

Baca Juga

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP