Penjelasan Bahan Bangunan Aluminium Composite Panel / ACP

Memahami berbagai macam jenis bahan bangunan adalah hal yang wajib bagi seorang arsitek, karena dengan tahu banyak jenis bahan bangunan akan mempengaruhi hasil desain arsitektur.

Apabila seorang arsitek mampu menciptakan bentuk yang indah, dipadukan dengan pemilihan bahan bangunan yang tepat, tentu desain yang dihasilkan akan menjadi lebih baik.

Salah satu jenis bahan atau material bangunan yang arsitek harus tahu adalah ACP, merupakan singkatan dari "Aluminium Composite Panel".

Aluminium Composite Panel adalah material yang berupa lembaran, bahannya terbuat dari lapisan aluminium pada kedua sisi luar, dimana didalamnya dilapisi dengan bahan non aluminium berupa bahan Polyethylene. Ketiga lapisan disatukan menjadi lembaran yang kaku dan kuat, namun memiliki berat yang cukup ringan.

Penggunaan Material ACP

Aluminium composite panel banyak digunakan sebagai penutup pada permukaan dinding. Bahan ini biasanya digunakan untuk bangunan gedung, atau pada rumah dengan konsep minimalis.

Jenis ACP menurut lapisan catnya terdiri dari 2 macam, yaitu :

  1. Jenis Polyester (PE), yang biasa digunakan pada interior
  2. Jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride), yang biasa digunakan untuk eksterior
Penggunaan ACP bangunan RS Bhina Bhakti Husada
Penggunaan ACP pada Interior (via acpindonesia.id)
Penggunaan ACP juga bisa di buat melengkung seperti salah satu contoh gambar di atas, hal tersebut tentu akan menambah keindahan dan estetika dari sebuah bangunan.

Keunggulan dan Kekurangan ACP

Bagi anda yang ingin menggunakan Material ACP tentu harus juga paham tentang keunggulan serta kekurangan material ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

Keunggulan Material ACP

  • Memiliki permukaan yang rata dan halus
  • Mempunyai daya tahan yang cukup tinggi terhadap iklim dan cuaca
  • Bahan yang bagus untuk dekorasi baik eksterior maupun interior
  • Mudah diaplikasikan dalam berbagai desain konsep modern
  • Tersedia dalam berbagai macam warna dan pola
  • Merupakan Material yang mudah dibentuk, dilipat, dibor dan dilengkungkan.
  • Bahan intinya terbuat dari polyetthylene sehingga lembarannya tahan api.
  • Lapisan permukaaan aluminium yang dilapisi dengan polyester akan menambah daya tahan, stabilitas, dan tahan terhadap iklim dan korosi

Kekurangan Material ACP

  • Dalam suhu tinggi, lapisan inti bisa menggelembung yang akan mengakibatkan permukaan aluminium tidak rata sehingga bisa mengurangi keindahan
  • Kekuatan terhadap tekanan angin kurang sehingga dalam konstruksi yang kurang baik akan beresiko terhadap keselamatan.
  • Jika sistem grounding kurang bagus terhadap bangunan utama, lembaran cukup berisiko terhadap sambaran petir
  • Hasil penelitian menyatakan bahwa bahan inti yang terbuat dari polyethylene dan lem pengikat ke lapisan aluminium , dalam suhu panas yang tinggi akan mengeluarkan gas beracun

Pilihan Warna ACP

Hingga saat ini banyak sekali pilihan warna untuk ACP, dengan banyaknya warna yang disediakan, tentu dapat dipilih sesuai selera pengguna.
Pilihan Warna ACP
Itulah penjelasan mengenai bahan bangunan Aluminium Composite Panel atau yang lebih sering disebut ACP, semoga bermanfaat.

Baca Juga