Cara Menentukan Pendekatan Desain Arsitektur

Arsimedia.com - Cara menentukan pendekatan desain Arsitektur
Pada setiap desain bangunan yang di buat oleh arsitek, tentu akan memiliki konsep dan tema tertentu, yang mana konsep tersebut lahir dari pendekatan arsitektur yang di dapatkan dari berbagai macam sumber pada saat perencanaan.

Nah berikut ini adalah cara menentukan pendekatan arsitektur untuk sebuah desain bangunan.

Fungsi dan tipe bangunan

Pertama adalah dengan melihat fungsi dan tipe bangunan yang akan di desain, karena untuk satu fungsi bangunan akan ada banyak tipenya, misal pada bangunan hunian ada rumah, hotel, apartemen, untuk bangunan publik ada pasar, terminal, bandara, pelabuhan, dan sebagainya.

Nah untuk mendapatkan pendekatan desain yang cocok, seorang arsitek harus mampu menerapkan pendekatannya pada setiap jenis bangunan yang berbeda beda.

Lokasi bangunan di dirikan

Pendekatan desain arsitektur biasanya juga akan ditentukan oleh lokasi bangunan tersebut di dirikan, dan di Indonesia setiap daerahnya memiliki ciri khas pada bangunannya.

Seorang arsitek tentu akan memperhatikan hal tersebut untuk pendekatan desain arsitekturnya. Misal desain bangunan di daerah Jawa akan menggunakan pendekatan desain arsitektur vernakular jawa.

Permasalahan umum pada bangunan tersebut

Menentukan pendekatan desain arsitektur Juga harus memperhatikan permasalahan umum dari bangunan tersebut, sebagai contoh adalah untuk mendapatkan desain bangunan yang tidak menyebabkan pencemaran lingkungan, digunakan pendekatan arsitektur ekologis.

Nah dari contoh tersebut tentu anda akan paham sebuah permasalahan dalam sebuah bangunan dapat di atasi dengan pendekatan arsitektur yang tepat.

Pandangan arsitek setelah bangunan tersebut terbangun

Cara menentukan pendekatan arsitektur yang selanjutnya adalah dari pandangan seorang arsitek setelah bangunan tersebut berdiri, dan akan bertahan hingga masa depan.

Apakah bangunan tersebut menggunakan pendekatan desain yang mampu mengikuti perkembangan zaman, atau membuat sebuah bangunan yang akan selalu di kenang sepanjang masa.

Itulah beberapa cara menentukan pendekatan desain arsitektur, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP