Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah Kawasan Industri Terpadu Batang

Berita Arsitektur di Indonesia, kali ini ada berita terbaru yaitu, Kementerian PUPR secara terpadu membangun infrastruktur untuk mempercepat terbangunnya Proyek Strategis Nasional (PSN) pengembangan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah sesuai Peraturan Presiden 109 tahun 2020 dan Peraturan Presiden No. 106 tahun 2022.

Salah satu infrastruktur yang dibangun adalah Instalasi Pengolahan Air Limbah Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang Fase 1 untuk area layanan 450 ha.

Dokumentasi Foto

Berikut ini adalah Dokumentasi Foto terbaru dari Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah Kawasan Industri Terpadu Batang, oleh Kementerian PUPR
Foto 1
Dokumen PUPR
Foto 2
Dokumen PUPR
Foto 3
Dokumen PUPR
Foto 4
Dokumen PUPR

Pembiayaan dan Konstruksi

  • Sumber dana : APBN senilai Rp.344 milyar
  • Awal Konstruksi : Desember 2021
  • Target selesai : akhir 2023

Jaringan Perpipaan

Untuk membawa air limbah ke IPAL dibagun jaringan perpipaan sepanjang total 18km. Pipa yang digunakan tipe HDPE berdiameter 150-500 mm dengan 14 titik wetpit untuk mengalirkan air limbah secara gravitasi ke IPAL.

Teknologi dan Kapasitas

Menggunakn teknologi Moving Bed Bio film Reactor (MBBR) berkapasitas 18.000 m3/hari. IPAl terintegrasi dengan instalasi pengolahan limbah domestik dari tiap-tiap pemilik lahan industri yang telah melakukan pretreatment melalui jaringan perpipaan

Baca Juga