PUPR Bangun Rusun yang di Desain Khusus Untuk Penyandang Disabilitas

Berita Arsitektur di Indonesia, kali ini ada berita terbaru yaitu, Pemerintah melalui Kementerian PUPR terus melaksanakan pembangunan infrastruktur prorakyat, salah satunya melalui pembangunan rusun yang didesain khusus untuk para penyandang disabilitas di Kota Surakarta.

Kota Surakarta dipilih sebagai pilot project lokasi pembangunan rusun tersebut karena dinilai sebagai Kota Ramah Difabel.
  • Berlokasi di Jalan Adi Sucipto Nomor 41 Kerten, Surakarta Ditargetkan selesai pada Agustus tahun ini.
  • Dibangun setinggi 5 lantai dan terdiri dari 62 unit tipe 24 dengan kapasitas 124 orang.
  • Setiap unit memiliki ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, kamar mandi WC, dapur.
  • Dilengkapi ruang cuci dan jemur pakaian, kios, jaringan listrik prabayar, dan air bersih. Selain itu juga akan dipasang kusen aluminium, railing dari besi, cutting plate motif kawung, kanopi ACP, kanopi ramp atap kaca, ornamen bagian luar berupa huruf braile timbul bertuliskan Spirit Of Java, logo Kementerian PUPR, dan Kemensos.

Dokumentasi Foto

Berikut ini adalah Dokumentasi Foto terbaru dari Rusun yang didesain khusus untuk para penyandang disabilitas di Kota Surakarta, oleh Kementerian PUPR
Foto 1
Dokumen PUPR
Foto 2
Dokumen PUPR
Dilengkapi handrail, rusun ini di desain dengan memperhatikan arah bukaan pintu untuk mempermudah aktivitas para penyandang disabilitas.

Pembangunan dilakukan dengan mempertimbangkan masukan dari asosiasi penyandang disabilitas serta bekerja sama dengan Kementerian Sosial untuk penyediaan lahan.

Baca Juga