Kementerian PUPR Akan Menata Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng

Berita Arsitektur di Indonesia, kali ini ada berita Pembangunan Kawasan Wisata, untuk mendukung pengembangan pariwisata di Jawa Tengah, Kementerian PUPR akan menata kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng di Kab. Wonosobo dan Banjarnegara.

Menteri Basuki mengatakan, penataan tersebut diharapkan mampu lebih menarik wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang ke kawasan Dieng, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Penataan kawasan wisata juga untuk memberikan pelayanan yang baik bagi para pengunjung yang datang," kata Menteri Basuki.

Saat ini penataan kawasan wisata Dieng dalam tahap pematangan proses lelang dan pekerjaan penataan akan dimulai pada tahun ini. Luas area yang ditata mencapai 5,7 ha dari luas total kawasan wisata Dieng 4.600 ha.

Lokasi penanganan meliputi kompleks Candi Arjuna dan kawasan Sikidang di Banjarnegara, serta kawasan Telaga Warna, Bukit Sikunir, dan kawasan Sikidang di Wonosobo.

Dokumentasi Foto

Berikut ini adalah Dokumentasi Foto terbaru dari Desain Rencana Penataan kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng, oleh Kementerian PUPR
Kompleks Candi Arjuna
Dokumen PUPR
Rencana Parkir Aswatama
Dokumen PUPR
Rencana Kawasan Kawah Sikidang
Dokumen PUPR
Rencana Kawasan Bukit Sikunir
Dokumen PUPR
Rencana Kawasan Tlaga Warna
Dokumen PUPR
Lingkup pekerjaan setiap kawasan wisata rata-rata meliputi renovasi bangunan utama; pembangunan kantor pengelola, musala, gudang, dan ruang tiket/informasi; penataan area amfiteater/camping ground, kios pedagang, dan area parkir; serta lanskap.