Desain Bandara Mali, Alor, NTT Dengan Konsep Alor Garden Terrace

Desain Bandara NTT - Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa anda jadikan inspirasi dan referensi.

Pada artikel ini kami bagikan Karya Sayembara Arsitektur dengan Judul "Desain Bandara Mali, Alor, NTT dengan Konsep Alor Garden Terrace"

Konsep Pengembangan Lansekap & Kawasan Terminal

Mengingat bandara ini tidak sesibuk bandara di kota besar pada umumnya, bandara ini memiliki kesempatan untuk menjadi satu Infrastruktur publik yang baik. Mengambil representasi Mesang yang selalu dalam pola tatanan desa adat di Alor, fungsi Mesang sebagai ruang publik dicoba dimunculkan pada bagian lansekap bandara.

Layout bandara yang tegak lurus dengan sumbu jalan masuk akan memberi efek visual yang megah dan mengundang orang untuk masuk ke dalamnya. Tepat di depan bangunan akan dibuat taman publik yang bisa digunakan sebagai ruang seni pertunjukan temporer, dan juga mampu menampung kelebihan air hujan dari jalan sekitarnya untuk disimpan.

Area ini merupakan representasi Mesang sebagai ruang publik, serta kesempatan untuk menampilkan pertunjukan lokal dengan bangunan terminal bandara sebagai backdrop yang apik. Dengan strategi ini, diharapkan nantinya ada tempat yang disediakan untuk masyarakat sekitar untuk menikmati lansekap yang ada dengan cara yang berbeda.

Konsep Bangunan Terminal Baru

Bentuk arsitektur lokal Takpala yang dianggap mewakili bentuk khas rumah tradisional Alor ternyata tidak mudah diaplikasikan dalam skala bangunan yang lebih besar. Karena itu, untuk mendapatkan skala yang sama, proporsi bangunan tradisional Alaor dimasukkan dalam fungsi yang lebih kecil, semisal mushola atau interchange station.

Sementara itu, bangunan disiapkan untuk menghemat energi dan air. Ruang yang menggunakan AC ditargetkan tidak lebih dari 25% luasan ruang (terutama di kantor), sementara ruang lain akan menggunakan penghawaan alami dengan bantuan kipas angin, tanaman, dan kolam pendingin. Sementara disiapkan juga sistem rainwater catchem melalui atap dan lansekap untuk menangkap dan mengolah air yang akan digunakan lagi.

Terkhir untuk menampilkan identitas Alor, di atap ruang bangunan dipersiapakan semacam galeri yang terletak di taman-taman sepanjang massa bangunan. Selain memberi efek lebih lega terhadap ruang, taman ini juda akan berfungsi sebagai etalase budaya Alor. Tentu dengan tetap mengutamakan keamanan.


Karya Sayembara Arsitektur

Bandara Mali, Alor, NTT 
Dengan Konsep Alor Garden Terrace
  • Propan Award 2015
  • Status : Finalist (Best 6) + Favourite
  • Tim desain : 
    • Victor Febrian Wicaksono (Leader), 
    • Hanief P. Wicaksana, 
    • Muhammad Fadlil A, 
    • Shandy Cahyo Nugroho, 
    • Reza Arlianda, 
    • Gery Dwi Samudra, 
    • Rizky Bhaskara, 
    • Gata Guruh Mahardika, 
    • Kadek Novyani
Project Background dan Konsep Desain
Dokumen Sayembara
Siteplan, Denah, dan Perspektif Eksterior
Dokumen Sayembara
Desain Interior dan Tampak Bangunan
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Bandara Mali, Alor, NTT Dengan Konsep Alor Garden Terrace  karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang anda buat menjadi lebih baik.

Baca Juga