Desain Museum Pacitan di Jawa Timur dengan Konsep "Museum As Urban Catalysator"

Desain Museum Pacitan - Saat seorang Arsitek membuat sebuah desain, tentu membutuhkan inspirasi agar hasil desain menjadi lebih maksimal. Pada artikel ini akan kami bagikan hasil desain Karya Sayembara Arsitektur yang bisa anda jadikan inspirasi dan referensi.

Pada artikel ini kami bagikan Karya Sayembara Arsitektur dengan Judul "Desain Museum Pacitan di Jawa Timur dengan Konsep "Museum As Urban Catalysator"

Perancangan Museum Pacitan

Pacitan Merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur, Nama Pacitan mungkin relatif sangat asing terdengar bagi masyarakat Indonesia, hingga saat terpilihnya Presden Ke 6 Indonesia, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono, yang merupakan salah satu putra dari Pacitan.

Selain itu, Pacitan juga memiliki berbagai macam potensi, seperti wisata alam, budaya, kuliner, dll. Akan tetapi potensi tersebut belum dikembangan secara maksimal.

Pencapat tersebut dibuktikan melalui (PDRB Wilayah) dimana terjadi kesendangan pertumbuhan dan perkembangan antara wilayah utara, tengah, Selatan Jawa. Sehingga Pacitan membutuhkan percepatan pembangunan untuk meningkatkan potensi tersebut.

Adapun gagasan yang diutarakan dalam perancangan Museum adalah mencipatakan Bangunan sebagai Katalisator perkembangan dan pembangunan Kabupaten Pacitan, dan Pantai Selatan Jawa (PANSELA) pada ummumnya. Diaman tradisi budaya sebagai penghubung interaksi antara masyarakat yang terwadahi dalam bangunan Museum Pacitan, dengan memanfaatkan koneks dan potensi kawasan.

Gagasan Perancangan

1. Making A 'Place'
Menciptakan tempat melalui peningkatan kualitas pergerakan individu dengan menciptakan kontinuitas antar ruang kota dimana Museum bertindak sebagai generator aktivitas kawasan sehingga mampu menjadikannya sebagai ruang publik bagi masyarakat untuk saling berinteraksi sosial.

2. Identitas Bangunan
Pnyediaan ruang dan penciptaan bentuk bangunan yang sesuai konteks kawasan dan karakter yang kuat yang dimiliki kota Pacitan, seperti sosok Bapak Susilo Bambang Yudhoyono dan kondisi alam kota pacitan itu sendiri. Sehingga bangunan dapat merepresentasikan Kota Pacitan di mata Indonesia, bahkan Dunia

3. Sustainable Building
Menciptakan Bangunan Museum yang berkelanjutan dengan memperhatikan Potensi dan permasalahan kota Pacian baik dari faktor Ekonomi, Sosial, maupun Lingkungan.

Karya Sayembara Arsitektur

Desain Museum Pacitan di Jawa Timur 
dengan Konsep "Museum As Urban Catalysator"
  • Sayembara Perancangan Gedung Museum Pacitan Jawa Timut
  • Status : Competitin Entry
  • Tim desain : 
    • Surya Wiyadi
    • Renevo Rangan
Konsep Desain Perancangan Museum Pacitan
Dokumen Sayembara
Master Plan Kawasan Museum Pacitan
Dokumen Sayembara
Ground Plan dan Tampak Bangunan
Dokumen Sayembara
Layout Plan, Denah Lantai 1 dan 2
Dokumen Sayembara
Gambara Potongan dan Perspektif Eksterior
Dokumen Sayembara
Perspektif Interior dan Eksterior
Dokumen Sayembara
Itulah Desain Museum Pacitan di Jawa Timur dengan Konsep "Museum As Urban Catalysator  karya Sayembara Arsitektur, semoga dapat memberikan inspirasi, sehingga desain yang anda buat menjadi lebih baik.

Baca Juga