Perlindungan Konsumen Pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Oleh OJK

Perlindungan Konsumen Pada KPR - Dalam kategori File Arsitek ini, kami akan membagikan File dan Dokumen yang dibutuhkan oleh Arsitek, file yang kami bagikan dapat meliputi, Aturan, Tutorial, Daftar Harga, Materi Arsitek, dan sebagainya.

File pada artikel ini adalah Kajian Perlindungan Konsumen Pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Oleh OJK yang bisa anda download via Google Drive melalui link yang kami sediakan.

Berdasarkan skema pembiayaan, KPR dibagi menjadi dua jenis yaitu: 

1. KPR Subsidi 

Merupakan kredit yang diperuntukan kepada MBR dalam rangka memenuhi kebutuhan perumahan atau perbaikan rumah yang telah dimiliki. Bentuk subsidi yang diberikan berupa subsidi meringankan kredit dan subsidi menambah dana pembangunan atau perbaikan rumah. Kredit subsidi ini diatur tersendiri oleh Pemerintah, sehingga tidak setiap masyarakat yang mengajukan kredit dapat diberikan fasilitas ini. 

2. KPR Non Subsidi/Komersial 

Merupakan kredit pemilikan rumah yang diperuntukan bagi seluruh masyarakat. Ketentuan KPR ditetapkan oleh bank, sehingga penentuan besarnya kredit maupun suku bunga dilakukan sesuai kebijakan bank yang bersangkutan.

Selain itu, Berdasarkan kredit properti yang disalurkan oleh Bank, rumah dibedakan menjadi tiga bentuk yaitu: 

1. Rumah Tapak 

Merupakan bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal yang merupakan kesatuan antara tanah dan bangunan dengan bukti kepemilikan berupa surat keterangan, sertifikat, atau akta yang dikeluarkan oleh lembaga atau pejabat yang berwenang. 

2. Rumah Susun 

Merupakan bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan yang terbagi dalam bagian yang distrukturkan secara fungsional baik dalam arah horizontal maupun vertikal dan merupakan satuan yang masing-masing dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah, antara lain griya tawang, kondominium, apartemen, dan flat.

3. Rumah Toko/Rumah Kantor 

Merupakan tanah berikut bangunan yang izin pendiriannya sebagai rumah tinggal sekaligus untuk tujuan komersil antara lain pertokoan, perkantoran, atau gudang.

Keterangan File

Kajian Perlindungan Konsumen 
Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
  • Format : PDF
  • Halaman : 128
  • Ukuran File : 1.48 MB
  • Tim Penyusun : Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Download File Arsitek

Silahkan klik link di bawah ini untuk mendownload File Arsitek yang kami bagikan via Google Drive, Password file ada di halaman Donasi.

Download File


Catatan

  • Pergunakanlah File yang kami bagikan dengan bijak
  • Anda dapat menggunakan file ini untuk membantu belajar Arsitektur
  • File yang kami bagikan sudah dicek dan siap untuk digunakan
  • File Arsitek yang kami share merupakan dokumen pribadi, atau kami dapatkan dari Internet

Itulah File Kajian Perlindungan Konsumen Pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Oleh OJKyang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu anda dalam belajar atau mengerjakan Project Arsitektur.

Apabila link eror atau file tidak bisa digunakan, silahkan laporkan dengan cara menulis komentar pada artikel ini. Terimakasih.

Dukung Arsimedia untuk terus menyajikan informasi seputar Arsitektur dan Bangunan kepada anda.

Donasi via Sociabuzz