Konsep Desain Green Architecture Pada Bangunan Multi Fungsi PDF

Konsep Desain Bangunan Multi Fungsi - Dalam kategori File Arsitek ini, kami akan membagikan File dan Dokumen yang dibutuhkan oleh Arsitek, file yang kami bagikan dapat meliputi, Aturan, Tutorial, Daftar Harga, Materi Arsitek, dan sebagainya.

File pada artikel ini adalah Konsep Desain Green Architecture Pada Bangunan Tinggi Multi Fungsi yang bisa anda download via Google Drive melalui link yang kami sediakan.

KONSEP GREEN ARSITEKTUR 

Green Architecture adalah sebuah konsep arsitektur yang berusaha meminimalkan pengaruh buruk terhadap lingkungan alam maupun manusia dan menghasilkan tempat hidup yang lebih baik dan lebih sehat, yang dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber energi dan sumber daya alam secara efisien dan optimal.

tujuan umum adalah bahwa bangunan hijau dirancang untuk mengurangi dampak keseluruhan lingkungan binaan terhadap kesehatan manusia dan lingkungan alam dengan cara : 
  1. Efisien menggunakan energi, air, dan sumber daya lainnya. Dirancang dengan biaya lebih sedikit untuk mengoperasikan dan memiliki kinerja energi yang sangat baik. 
  2. Melindungi kesehatan penghuni dan meningkatkan produktivitas karyawan 
  3. Mengurangi sampah, polusi dan degradasi lingkungan 
  4. Bangunan alami, yang biasanya pada skala yang lebih kecil dan cenderung untuk fokus pada penggunaan bahan-bahan alami yang tersedia secara lokal. 
  5. Bangunan hijau tidak secara khusus menangani masalah perkuatan rumah yang ada.. 
  6. Mengurangi dampak lingkungan : Praktek green building bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dari bangunan. 

PENERAPAN GREEN ARCHITECTURE 

1) Memiliki Konsep High Perfomance Building & Earth Friendly. 

  • Dapat dilihat dari dinding bangunan, terdapat kaca di beberapa bagiannya. Fungsinya adalah untuk menghemat penggunaan elektrisiti untuk bangunan terutama dari segi pencahayaan dari lampu. 
  • Menggunakan energi alam seperti angin, sebagai penyejuk lingkungan. 
  • Bahan-bahan bangunan yang digunakan cenderung ramah pada lingkungan seperti keramik dengan motif kasar pada lantai untuk mengurangi pantulan panas yang dihasilkan dari dinding yang berkaca. 
  • Kolam air disekitar Bangunan berfungsi selain dapat memantulkan sinar lampu, juga dapat mereduksi panas matahari sehingga udara tampak sejuk dan lembab. Bangunan multi fungsi 

2) Memiliki Konsep Future Healthly. 

  1. Dapat dilihat dari beberapa tanaman rindang yang mengelilingi bangunan, membuat iklim udara yang sejuk dan sehat bagi kehidupan sekitar, lingkungan tampak tenang, karena beberapa vegetasi dapat digunakan sebagai penahan kebisingan. 
  2. Dinding bangunan curtain wall dilapisi alumunium dapat berguna untuk UV protector untuk bangunan itu sendiri. Tentunya ini semua dapat memberi efek positif untuk kehidupan. 
  3. c. Pada bagian atap gedung, terdapat tangga untuk para pengguna yang akan menuju lantai atas. Ini dapat meminimalisasi penggunaan listrik untuk lift atau eskalator. 
  4. Tentu lebih menyehatkan, selain sejuk pada atap bangunan terdapat rumput yang digunakan sebagai green roof, pengguna juga mendapatkan sinar matahari. 

3) Memiliki Konsep Climate Supportly. 

Dengan konsep penghijauan, sangat cocok untuk iklim yang masih tergolong tropis (khatulistiwa). Pada saat penghujan, dapat sebagai resapan air, dan pada saat kemarau, dapat sebagai penyejuk udara. 

4) Memiliki Konsep Esthetic Usefully. 

Penggunaan green roof pada kampus ini, selain untuk keindahan dan agar terlihat menyatu dengan alam, juga dapat digunakan sebagai water catcher sebagi proses pendingin ruangan alami karena sinar matahari tidak diserap beton secara langsung. Ini juga menurunkan suhu panas di siang hari dan sejuk di malam hari untuk lingkungan sekitarnya. Desainnya yang melengkung digunakan agar penyerapan matahari oleh kulit bangunan dapat di minimalisasikan.

Keterangan File

Konsep Desain Green Architecture Pada Bangunan Tinggi Multi Fungsi
Tugas Studio Perancangan Arsitektur 5
  • Format : PDF
  • Halaman : 36
  • Ukuran File : 3.89 MB
  • Disusun oleh : Rini Novietha Sari
  • Jurusan : Teknik Arsitektur S1
  • Kampus : Fakultas Teknik Universitas Tadulako

Download File Arsitek

Silahkan klik link di bawah ini untuk mendownload File Arsitek yang kami bagikan via Google Drive, Password file ada di halaman Donasi.

Download File


Catatan

  • Pergunakanlah File yang kami bagikan dengan bijak
  • Anda dapat menggunakan file ini untuk membantu belajar Arsitektur
  • File yang kami bagikan sudah dicek dan siap untuk digunakan
  • File Arsitek yang kami share merupakan dokumen pribadi, atau kami dapatkan dari Internet

Itulah File Konsep Desain Green Architecture Pada Bangunan Tinggi Multi Fungsi, yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu anda dalam belajar atau mengerjakan Project Arsitektur.

Apabila link eror atau file tidak bisa digunakan, silahkan laporkan dengan cara menulis komentar pada artikel ini. Terimakasih.