Pembangunan Kolam Retensi Andir Untuk Banjir Musiman di Kab. Bandung Jawa Barat

Berita terbaru pembangunan di Indonesia, kali ini ada berita dari Dayeuhkolot dan Baleendah, Kab. Bandung, Jawa Barat, yaitu Kementerian PUPR telah merampungkan pembangunan Kolam Retensi Andir dan empat polder untuk menanggulangi banjir musiman.

Dengan rampungnya pembangunan ini, banjir yang biasa menggenangi Dayeuhkolot dan Baleendah akan ditampung di kolam retensi berkapasitas 160.000 m3 untuk kemudian dipompa ke sungai setelah normal.

Kolam Retensi Andir dilengkapi 3 unit pompa berkapasitas masing-masing 500 liter/detik. Selain itu juga telah dibangun empat polder, yakni Polder Cipalasari-1 (1.250 m3), Cipalasari-2 (1.250 m3), Cijambe (1.250 m3), dan Cisangkuy (450 m3).

Dokumentasi Foto

Berikut ini adalah dokumentasi foto Kolam Retensi Andir di  Dayeuhkolot dan Baleendah, Kab. Bandung, Jawa Barat, oleh Kementerian PUPR

Foto 1
Dokumen PUPR
Foto 2
Dokumen PUPR
Foto 3
Dokumen PUPR
Selain Kolam Retensi Andir dan keempat polder tersebut, sesuai amanat Perpres 15/2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum, Kementerian PUPR juga telah membangun Terowongan Nanjung, Sudetan Cisangkuy, dan Kolam Retensi Cieunteung.

Baca Juga