Desain Pasar Modern dengan Pencahayaan Alami di Jakarta Selatan

Desain Pasar Modern - Bagi Mahasiswa Arsitektur tentu membutuhkan Referensi saat mengerjakan Tugas Studio Perancangan. Pada artikel ini akan kami bagikan contoh Tugas Mahasiswa Arsitektur, agar hasil desain yang kamu buat menjadi lebih baik

Tugas Mahasiswa Arsitektur yang akan kami bagikan adalah Desain Pasar Modern dengan Pencahayaan Alami di Jakarta Selatan, yang bisa kamu jadikan referensi.

Latar Belakang

Pasar merupakan sebuah tempat dimana masyarakat dapat memperoleh barang-barang untuk memenuhi kebutuhan pokok harian, pasar juga memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya distribusi hasil produksi masyarakat. Jakarta merupakan ibu kota negara Indonesia. Di Jakarta saat ini jumlah pasar modern yang ada mencapai 14.000. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 14 persen dalam tiga tahun terakhir. 

Pada zaman modern sekarang, peminat dari pasar tradisional cenderung berkurang dibandingkan dengan pasar modern. Hal ini dikarenakan faktor dari kenyamanan dan fasilitas yang lebih nyaman, bersih, dan pencahayaan yang baik, jika dibandingkan dengan pasar tradisional yang cenderung gelap dan mengganggu penglihatan, kumuh, dan tidak sesuai standar pencahayaan.

Permasalahan

Menurut hasil survei pada beberapa pasar di Jakarta, penerangan ynag dihasilkan belum memenuhi kriteria dari standar yang sudah ditentukan. Beberapa permasalahan yang didapat: 
  1. Pencahayaan Rata-rata lux yang dihasilkan <100. 
  2. Bukaan Minim bukaan untuk udara dan cahaya 
  3. Pengelompokan kios dan Ios Tidak ada pemisah antara area basah dan kering 

Dampak: 

  1. Pasar tidak hidup dan menunjukkan produktivitas kerja 
  2. Ruangan pengap, gelap dan tidak sehat 
  3. Boros menggunakan energi listrik

Tugas Perancangan Arsitektur

Pasar Modern dengan Memanfaatkan Pencahayaan Alami
di Jakarta Selatan

  • Dibuat Oleh : Della Novita
  • Tugas : Studio Perancangan Arsitektur
  • Kampus : Jurusan Arsitektur Universitas Bina Nusantara
Perspektif Eksterior
Tugas Arsitektur
Latar Belakang, Permasalahan, Visi dan Misi, Lokasi Tapak
Tugas Arsitektur
Orientasi Matahari dan Zoning Kebutuhan Ruang
Tugas Arsitektur
Gambar Perancangan
Tugas Arsitektur
Pengaplikasian Pencahayaan Alami
Tugas Arsitektur
Desain 3D
Tugas Arsitektur
Itulah Tugas Mahasiswa Jurusan Arsitektur, Desain Pasar Modern dengan Pencahayaan Alami di Jakarta Selatan, yang dapat kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat.