Konsep Desain Bangunan Sebagai Gerbang Pariwisata Alam

Bangunan Sebagai Gerbang Pariwisata Alam - Bagi kamu yang menempuh kuliah jurusan Arsitektur, dan sedang mengerjakan Tugas  Desain Perancangan Arsitektur, tentu harus mencari referensi sebagai bahan untuk membantu mengerjakan tugas.

Pada artikel ini akan kami bagikan:
Tugas mahasiswa Jurusan Arsitektur yaitu, Konsep Desain Bangunan Sebagai Gerbang Pariwisata Alam yang dapat kamu jadikan referensi.

Tugas Mahasiswa Arsitektur

Bangunan Sebagai Gerbang Pariwisata Alam

Namun apakah arti gerbang di sini? 
PEMBATAS 
Bangunan sebagai batas antara kawasan pariwisata dengan kawasan cagar alam guna memudahkan kontrol dan pengawasan terhadap  aktivitas pariwisata yang terjadi terhadap Cagar Alam Pananjung Pangandaran. 

PENGHUBUNG 
Bangunan sebagai titik hubung antara objek-objek pariwisata di sekitarnya: pantai barat, pantai timur, cagar alam, dan lainnya. Prinsip permeabilitas diterapkan pada rancangan bangunan sebagai penjawaban. 

Titik Hubung juga dapat berarti checkpoint: bangunan menjadi tempat berkumpul sementara para wisatawan di sela-sela harinya saat sedang hendak berwisata ke tempat wisata lain.

PINTU MASUK 
Ketika melewati pintu, kita memasuki satu area ke area lainnya: kita bertransisi dari satu kawasan ke kawasan lainnya. Bangunan dirancang sebagai zona transisi antara kedua kawasan. 

Komposisi spasial dari ruang-ruang yang ada mulai dari entrance menuju exit disusun membentuk pengalaman ruang yang merepresentasikan gradien perubahan warna kawasan permukiman / pariwisata menuju warna kawasan cagar alam, ataupun sebaliknya.


Konsep Desain Bangunan Sebagai Gerbang Pariwisata Alam
Visitor Center dan Pusat Riset Konservasi Cagar Alam Pananjung Pangandaran

  • Dibuat Oleh : Muhammad Rafi Akbar Siraj
  • Tugas : Studio Tugas Akhir
  • Kampus : Program Studi Sarjana Arsitektur Institut Teknologi Bandung
  • Tahun : 2020

Konsep dasar peracangan
Tugas Arsitektur
Konsep Awalan
Tugas Arsitektur
Strategi pengorganisasian ruang
Tugas Arsitektur
Konsep Seikulasi
Tugas Arsitektur
Strategi komposisi 2D dan 3D
Tugas Arsitektur
Strategi gubahan spasial
Tugas Arsitektur
Strategi selubung bangunan
Tugas Arsitektur
Strategi integrasi struktur dalam rancangan
Tugas Arsitektur
Strategi dalam merespon isu-isu tapak
Tugas Arsitektur
Itulah Contoh Tugas Mahasiswa Jurusan Arsitektur, "Konsep Desain Bangunan Sebagai Gerbang Pariwisata Alam", yang dapat kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat.
Sumber : issuu.com/rafakbrs