Jurnal Arsitektur Walkability Jalur Pedestrian Universitas Brawijaya

Belajar Arsitektur memang erat kaitannya dengan menggambar, namun selain harus bagus dalam gambar desain, seorang arsitek juga dituntut untuk mampu menyelesaikan masalah.

Salah satu cara efektif dalam belajar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan desain Arsitektur adalah dengan membaca Jurnal Arsitektur. Karena dalam Jurnal Arsitektur terdapat tahapan dalam seorang arsitek mencari solusi, saran, dan kesimpulan yang baik, melalui analisis serta metode penelitian yang tepat.

Bagi kamu seorang Arsitek yang sedang mencari referensi,
Berikut ini kami bagikan Jurnal Arsitektur dengan Judul Walkability Jalur Pedestrian by Design di Area Kampus Universitas Brawijaya Malang, yang dapat kamu jadikan referensi.

Jurnal Arsitektur Universitas Brawijaya

Judul: Walkability Jalur Pedestrian by Design di Area Kampus Universitas Brawijaya Malang
Dibuat oleh:
  • Antonio Heltra Pradana
  • Jenny Ernawati
  • Indyah Martiningrum

Abstrak

Kampus Universitas Brawijaya telah mencanangkan diri menuju Green Campus. Salah satu poin penting dalam penataan berbasis Green Campus ialah kualitas jalur pejalan kaki. Kedekatan kampus dengan lingkungan permukiman dan rumah kos di area barat kampus UB menyebabkan banyak aktivitas berjalan kaki tetapi. Kondisi ini tidak diimbangi adanya jalur pejalan kaki dengan kualitas yang baik.
Aspek walkability kemudian digunakan untuk mengukur tingkat kualitas sirkulasi jalur pejalan kaki. Aspek kenyamanan, keamanan, dan kemenerusan jalur merupakan pendekatan yang diambil untuk mengkaji aspek walkability ini.
Penelitian dilakukan dengan metode observasi dan kuisioner. Observasi dilakukan pada lokasi amatan yang memiliki keterhubungan antara gerbang masuk (origin) di area barat dengan lingkungan fakultas (destination). Kuisioner disebar pada 90 mahasiswa untuk mendapatkan tanggapan terhadap aspek walkability. Data yang didapat kemudian dianalisa menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil yang didapatkan yaitu jalur pejalan kaki di area barat kampus UB sudah cukup baik. Walkability pada jalur pejalan kaki masih bisa ditingkatkan kualitasnya terutama pada aspek kenyamanan. Dalam upaya untuk menyelesaikan masalah, seorang arsitek harus peka terhadap keadaan, dan mampu mengambil keputusan yang tepat terkait solusi yang dihadirkan melalui desain.

Download Jurnal Arsitektur 

Pembahasan Selengkapnya dari Jurnal Arsitektur tersebut yang meliputi Analisis, Metode Penelitian yang digunakan, hingga Kesimpulan. Dapat kamu download melalui link yang kami sediakan di bawah ini

Download Jurnal Arsitektur


Itulah Jurnal Arsitektur dengan Judul "Walkability Jalur Pedestrian by Design di Area Kampus Universitas Brawijaya Malang", semoga bisa menjadi referensi dan bahan pembelajaran, tentang bagaimana seorang arsitek mencari kesimpulan dan solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Baca Juga

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP