Cara Menggambar Arsitektur untuk Pemula

Sebagai seorang yang bercita-cita menjadi arsitek tentu harus belajar tentang arsitektur, namun sebelum itu ada yang lebih penting yaitu "latihan menggambar manual".

Menurut saya kemampuan menggambar manual atau sketsa adalah paling penting dipelajari untuk menjadi Arsitek.

Memang benar ada orang yang sudah bisa menggambar manual dengan baik, karena mereka berbakat, tapi tenang, menggambar manual atau sketsa sebenarnya bisa di pelajari dengan belajar dan latihan.
Nah pada artikel ini akan di bahas tentang cara menggambar arsitektur untuk pemula.

Tahap belajar menggambar Sketsa Arsitek

Untuk memulai latihan menggambar manual akan ada beberapa tahapan, yang diantaranya adalah sebagai berikut,
  1. Menggambar Objek (Pohon dan Manusia) 
  2. Menggambar Perspektif 
  3. Menggambar Layout (Denah) 
Tiga tahapan diatas adalah yang paling pokok menurut saya, dan harus dilatih sampai benar-benar mahir.
Okelah, langsung saja simak penjelasan dari masing masing tahapan berikut ini:

1. Latihan Menggambar Objek (Pohon dan Manusia) 

Menggambar pohon untuk seorang arsitek ada dua macam yaitu menggambar pohon yang berdiri tegak, dan menggambar pohon dari atas.

Menggambar pohon berdiri tegak

Pertama adalah latihan menggambar pohon yang berdiri tegak, sebagai contoh adalah gambar dibawah ini:
Gambar: Pinterest
Cobalah untuk berlatih menggambar seperti gambar pohon diatas, gambar pohon diatas memang terlihat sederhana, tidak seindah lukisan.

Namun ya memang seperti itu gambaran seorang arsitek, bahkan seorang arsitek dapat langsung tahu gambar pohon jenis apa hanya dengan gambar seperti itu.

Menggambar Pohon dari atas

Gambar pohon dari atas digunakan untuk menata Layout yang nantinya ada di tahap ketiga dari belajar menggambar manual ini,
Sebagai contoh adalah gambar di bawah ini:
Gambar: Pinterest
Memang lebih gampang dari menggambar pohon yang berdiri tegak, namun latihan menggambar pohon seperti itu juga penting bagi seorang arsitek, dan perlu dilatih karena nantinya akan digunakan untuk membuat gambar layout (denah).

Menggambar Objek Manusia 

Selanjutnya adalah latihan menggambar objek manusia, sebagai contoh untuk latihan, Cobalah untuk meniru gambar dibawah ini:
Gambar: Pinterest
Latihan menggambar objek lain seperti kendaraan atau rumah bisa dilanjutkan setelah kamu mahir menggambar objek pohon dan manusia.

2. Latihan menggambar Perspektif 

Tahap kedua adalah latihan menggambar perspektif. Ada dua macam gambar perspektif yang perlu kalian latih yaitu, Gambar Perspektif satu titik hilang dan Gambar Perspektif dua titik hilang

Sebenarnya masih ada lagi yaitu gambar perspektif 3 titik hilang sampai 5 titik hilang, namun menurut saya dalam latihan menggambar arsitektur ini cukup sampai dengan dua titik hilang saja.
Sebagai bahan latihan, cobalah untuk meniru gambar berikut ini:

Gambar Perspektif satu titik hilang 

Gambar: romadecade.org

Gambar Perspektif dua titik hilang 

Gambar: romadecade.org
Apabila kamu sudah mahir dalam menggambar Perspektif seperti diatas, barulah latihan menggambar perspektif yang menunjukkan sebuah lingkungan, atau biasa disebut gambar sketsa Arsitektur,
Sebagai contoh adalah gambar Sketsa berikut ini:
Gambar: rebanas.com
Untuk dapat menghasilkan gambar sketsa seperti diatas memang tidak mudah dan harus sering latihan.

3. Menggambar Layout

Seorang Arsitek tentu harus bisa menggambar dan menata layout, baik untuk sebuah bangunan maupun sebuah kawasan atau landscape,

Dalam Menggambar Layout, yang terpenting adalah kalian harus sudah mengetahui terlebih dahulu batasan-batasan dalam site, seperti Koefisien Dasar Bangunan (KDB), Garis Sempadan Bangunan (GSB), Koefisien Daerah Hijau (KDH), dan sebagainya.

Belajar menggambar layout atau denah ini harus benar-benar dimulai dengan sketsa tangan, karena saat menyusun sebuah layout secara manual akan lebih fleksibel, dan menurut saya hasilnya akan lebih baik ketimbang langsung menggunakan komputer grafis.

Barulah apabila sudah di rasa pas dalam penyusunan layout, kemudian dilanjutkan kedalam komputer grafis seperti AutoCad dsb.

Sebagai contoh untuk sketsa layout adalah gambar di bawah ini,
Gambar: Pinterest
Sama seperti menggambar perspektif, menggambar layout juga harus sering latihan hingga akhirnya mahir dan cepat.

Itulah pembahasan mengenai cara menggambar arsitektur untuk pemula. Apabila kamu kurang puas dengan contoh gambar diatas, kamu bisa mencari contoh gambar lain, namun tetap dengan tahapan yang dianjurkan seperti diatas.
Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP