Konsep Desain Arsitektur Neo Vernakular

Konsep dalam sebuah desain arsitektur merupakan hal yang penting, karena setiap arsitek pasti akan menggunakan konsep sebagai landasan pokok saat mendesain sebuah bangunan, salah satu Konsep Desain arsitektur adalah Konsep Arsitektur Neo Vernakular.

Pada artikel kali ini kami akan membahas konsep desain arsitektur Neo Vernakular, pembahasannya akan dimulai dari Pengertian, Kriteria yang mempengaruhi Arsitektur Neo Vernakular, Ideologi, Prinsip, dan Ide Desain asiektur Neo Vernakular, hingga Kesimpulan yang dapat kami sampaikan.

Pengertian Arsitektur Neo Vernakular

Pengertian dari Konsep Desain arsitektur Neo Vernakular ini kami ambil dari sebuah jurnal berjudul "Pengertian Arsitektur Neo-Vernacular" karya Tjok Pradnya Putra. Arsitektur Neo Vernakular adalah suatu penerapan elemen arsitektur yang telah ada, baik fisik (bentuk, kontruksi) maupun non fisik (konsep, filosofi, tata ruang) dengan tujuan melestarikan unsur-unsur lokal yang telah terbentuk secara empiris oleh sebuah tradisi yang kemudian sedikit atau banyaknya mengalami pembaruan menuju suatu karya yang lebih modern atau maju tanpa mengesampingkan nilai-nilai tradisi setempat. Pembaharuan ini dapat dilakukan dengan upaya eksplorasi yang tepat.

Kiteria-kriteria yang mempengaruhi arsitektru Neo Vernakular

Bentuk-bentuk menerapkan unsur budaya lingkungan termasuk iklim setempat, diungakapkan dalam bentuk fisik arsitektural (tata letak denah, detail, struktur dan oranamen)

Tidak hanya bentuk fisik yang diterapkan dalam bentuk modern, tetapi juga elemen non fisik yaitu budaya pola pikir, kepercayaan, tata letak yang mengacu pada makro kosmos dan lainnya menjadi konsep dan kriteria perancangan.

Produk pada bangunan ini tidak murni menerapkan prinsip-prinsip bangunan vernakular melainkan karya baru yang mengutamakan penampilan visual.

Ideologi, Prinsip, dan Ide Desain asiektur Neo Vernakular

Ideologi
Penerapan elemen arsitektur yang sudah ada dan kemudian sedikit atau banyaknya mengalami pembaruan menuju suatu karya yang modern

Prinsip
Arsitektur yang bertujuan melestarikan unsur-unsur lokal yang telah terbentuk secara empurus oleh tradisi dan mengembangkannya menjadi suatu langgam yang modern. Kelanjutan dari arsitektur Vernakular

Ide Desain 
Bentuk desain lebih modern dari konsep tradisional dan Vernakular

Kesimpulan

Dari semua penjelasan di atas dapat dipahami bahwa untuk dapat menerapkan konsep desain Arsitektur Neo Vernakular, seorang arsitek harus mau mempelajari dan memahami unsur budaya setempat yang nantinya akan di terapkan pada bangunan yang di desainnya.

Menurut kami, Konsep desain arsitektur Neo Vernakular cocok untuk bangunan seperti, bangunan pemerintahan, Hotel, dan Resort hotel.

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang Konsep desain arsitektur Neo Vernakular, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini, dengan cara Klik Buka Komentar.
Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP